Hari Ini, PPS Mulai Verifikasi Faktual Dukungan RAJUT dan Nurani

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida, MM

INHU - Hari ini, Senin (29/6/2020), sebanyak 582 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai melakukan verifikasi faktual. Dimana verifikasi tersebut  atas dukungan yang disampaikan bakal pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dari jalur perseorangan.

Total dukungan bakal Paslon yang akan diverifikasi faktual oleh PPS itu, mencapai sebanyak 67.927 dukungan. Dukungan tersebut diajukan oleh bakal Paslon dr Nurhadi SpOG dan Kapten (Purn) Toni Sutianto SH dengan sebutan Nurani serta pasangan Rezita Meylani, SE dan Drs H Junaidi Rachmat MSi disebut Rajut.

Selama pelaksanaan verifikasi faktual tersebut, tetap ada monitoring oleh KPU bersama jajarannya yakni PPK. Bahkan selama verifikasi faktual, juga ada pengawasan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Inhu.

Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM saat dikonfirmasi, Senin 29 Juni 2020 mengatakan, sesuai target, pelaksanaan verifikasi faktual tuntas sebelum 14 hari kedepan.

Dijelaskannya, ketika PPS melakukan verifikasi faktual dan akan didokumentasikan oleh sekretariat PPS. Kemudian selama pelaksanaan verifikasi faktual atas dukungan bakal Paslon perseorangan, juga ada monitoring dari PPK dan KPU.

Untuk tiga wilayah terbanyak dukungan terhadap bakal Paslon berada di Kecamatan Batang Cenaku sebanyak 7.150 dukungan, Kecamatan Kelayang 6.279 dukungan dan Kecamatan Seberida 5.869 dukungan. "Dukungan warga untuk dua bakal Paslon tersebar di 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Inhu," terang Yenni.

Di tempat terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Inhu Dedi Risanto MSi mengaku, pihaknya juga sudah melakukan berbagai persiapan di antaranya melakukan koordinasi dengan KPU hingga jajarannya di tingkat desa dan kelurahan. 

Kemudian selama pelaksanaan verifikasi faktual, tim Bawaslu melakukan supervisi kegiatan pengawasan dilapangan bersama pengawas kecamatan. 

"Kami berharap masyarakat juga dapat melakukan pengawasan disetiap tahapan," harapnya.***





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar