Pilkada Inhu,

KPU Inhu Buka Pendaftaran Calon 4-6 September 2020

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida, MM

INHU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau membuka pendaftaran calon kepala daerah dimulai pada 4-6 September 2020 mendatang. Dan untuk penetapan calon digelar 23 September dan pemungutan suara 9 Desember 2020.

Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida, MM saat dikonfirmasi, Ahad 21 Juni 2020 mengatakan, untuk tahap awal mulai tanggal 24 Juni - 12 Juli dimulai tahapan verifikasi faktual perseorangan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan pada tanggal 24 Juni tersebut juga dilakukan perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) oleh PPS.

"Tanggal 24 Juni mulai tahapan verifikasi faktual perseorangan dan ada pembentukan PPDP, nanti mereka yang akan melakukan coklit dimulai 15 Juli - 13 Agustus," kata Yenni.

PPDP sendiri merupakan petugas pemutakhiran data pemilih yang akan membantu PPS dalam pemutakhiran data pemilih.

Kemudian untuk penyusunan daftar pemilih akan digelar 15 Juni - 14 Juli 2020. "Ini akan dilakukan lebih kurang satu bulan, dan pencocokan dibulan Juli," katanya.

Wanita berkacamata ini juga mengatakan, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) data lama berjumlah 287.003. Kemudian data hasil pemetaan sementara berjumlah 298.821, belum termasuk data penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) terbaru. 

"Tambahan pemilih pasti ada karena belum kita terima DP4 yang baru. Termasuk yang baru hasil coklit nanti, ada tambahan pemilih baru," katanya.

Sesuai jadwal dan tahapan, untuk kampanye tetap dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan jadwalnya yakni digelar 26 September - 5 Desember 2020.

"Kampanye ada dalam bentuk tatap muka dan dialogis. Tetap mengikuti protokol kesehatan, jumlah yang hadir dibatasi. Kemarin masih perdebatan kan dalam proses awal hanya 20 orang, dan dalam ketentuan PSBB itu 50 persen dari ukuran ruangan," pungkasnya.***





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar