Bupati Yopi Arianto Senang Lihat Padi di Desa Tanjung Sari Menguning

Bupati Yopi Arianto Senang Lihat Padi di Desa Tanjung Sari Menguning
Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE senang memetik padi yang menguning

INHU - Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) merupakan sentra pertanian padi di Kabupaten Inhu. Bahkan Desa Tanjung Sari disebut-sebut sebagai lumbung padi Inhu karena lahan persawahan di sana mencapai ratusan hektar. Sebagian besar lahan persawahan tersebut sudah dipanen beberapa hari kemarin yang dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Inhu, Rezita Meylani Yopi. Sebagian besar lagi padi di sawah tersebut sudah menguning dan siap untuk dipanen.

Bupati Inhu, H. Yopi Arianto, SE mengaku senang melihat padi mulai menguning di hamparan luas persawahan saat ia berkunjung dalam rangka halal bi halal Pemerintah Kabupaten Inhu bersama warga Desa Tanjung Sari. Sebagai bentuk luapan rasa senangnya, orang nomor satu di Kabupaten Inhu turun ke titian sawah dan memetik padi yang mulai menguning, Jumat 19 Juni 2020.

Kebanggaan Yopi dengan persawahan di Desa Tanjung Sari sudah dirasakannya sejak dulu. Namun ia juga tak dapat menyembunyikan rasa prihatinnya, ketika banyak lahan persawahan warga yang sudah dijual dan beralih fungsi. 

"Dulu Desa Tanjung Sari ini memiliki pertanian padi mencapai kurang lebih hampir 1000 hektar, hari ini tinggal 400an hektar. Jangan-jangan ke depan sudah tinggal 200 hektar," katanya. 

Hal ini diakibatkan banyak warga yang menjual lahan persawahannya akibat terlilit utang. Padahal pemerintah sudah memberikan perhatian terhadap petani di Inhu, mulai dari penyaluran bantuan alat-alat pertanian, hingga benih. 

"Banyak sekali bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten yang sudah disalurkan," ujarnya. 

Oleh karena itu, ia berharap agar warga bisa mempertahankan lahan persawahan yang ada saat ini.

Selain menyoroti soal pertanian di Desa Tanjung Sari, Bupati termuda di Riau ini juga merasakan perbedaan di Desa Tanjung Sari pada 15 tahun lalu dan saat ini. Kini infrastruktur di desa tersebut dirasanya lebih baik. Bahkan Yopi menyempatkan berkunjung ke fasilitas kesehatan Puskesmas Pembantu yang ada di desa tersebut.

Namun di tengah pandemi saat ini, Yopi menyampaikan bahwa pemerintah memfokuskan penggunaan anggaran untuk bidang kesehatan. 

"Karena fokus kegiatan tahun ini untuk kesehatan masyarakat. Mudah-mudahan 2021 seperti yang kita harapkan pembangunan bisa kembali dilanjutkan," ujarnya.

Tak lupa Bupati Yopi menyampaikan masa kepemimpinannya akan segera berakhir dalam waktu tujuh bulan lagi. Ia berharap apa yang diperbuatnya selama menjabat sebagai Bupati Inhu dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Inhu.

Bupati Inhu berfoto selfi bersama anak-anak Desa Tanjung Sari

Bupati Yopi berfoto selfi bersama anak-anak Desa Tanjung Sari

Sebentar lagi Inhu juga menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Bupati Yopi berpesan kepada pejabat di desa dan Kecamatan Kuala Cenaku serta warga untuk dapat menjaga kondusifitas di wilayahnya.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index