Event Pacu Sampan Mini di Tepian Sungai Tenaku Pangkalan Kasai Akan Digelar Hari Raya Haji

Foto : Lokasi Sungai Tenaku Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Inhu, dimana event pacu sampan mini digelar setiap tahunnya.

INHU -  Lomba pacu sampan mini di tepian Sungai Tenaku, Pangkalan Kasai diselenggarakan setiap tahunnya pada hari raya Idul Fitri ke dua. Namun kegiatan tersebut untuk hari raya Idul Fitri tahun ini belum bisa digelar, karena mengingat negeri kita tercinta Indonesia termasuk di Kabupaten Indragiri Hulu masih mengalami wabah covid-19.

Berdasarkan hal tersebut, lomba pacu sampan mini di tepian Sungai Tenaku, untuk sementara ditangguhkan pelaksanaannya sampai pandemi covid-19 di Inhu ini betul-betul sirna.

Penegasan ini disampaikan oleh ketua pemuda Pangkalan Kasai atau yang lebih dikenal dengan nama IPPAK (Ikatan Pemuda Pemudi Pangkalan Kasai), Age Rusmila S.IP, dan Ketua Pelaksana Even Barzan/Toyo yang didampingi tokoh pemuda Kecamatan Seberida, Repi Putra Yandi SH, Jumat (28/05/2020).

Menurut Age Rusmila, kegiatan pacu sampan mini di tepian Sungai Tenaku ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun silam oleh nenek moyang mereka dan sudah menjadi tradisi turun temurun hingga sekarang.

"Kita sebagai generasi penerus bangsa, wajib membudayakan dan melestarikan event pacu sampan mini tersebut. Namun sehubungan dengan adanya pandemi covid-19 ini, kegiatan tersebut kita tangguhkan, bukan berarti ditiadakan," jelasnya.

Dikatakan Age Rusmila lagi, bahwa event pacu sampan mini ditepian sungai tenaku ini kalau tidak ada aral merintang direncanakan akan digelar selepas hari raya Haji atau hari raya Qurban.

"Insya Allah perencanaan event pacu sampan mini ditepian tenaku Pangkalan Kasai, kalau tidak ada halangan akan kita gelar selepas hari raya Haji," ungkapnya.

Age berharap, event tersebut mendapat dukungan dari semua pihak, terutama dari pemerintahan kabupaten Inhu dan kecamatan Seberida. Ia juga mengatakan bahwa event ini adalah salah satu event tertua di kabupaten Inhu, namun sejauh ini belum masuk sebagai kalender tahunan kabupaten yang menginduk ke Disporapar kabupaten Inhu.

"Diharapkan event pacu sampan mini ditepian sungai tenaku Pangkalan Kasai ini, diakui dan dimasukan menjadi agenda tahunan dinas terkait dalam hal ini Disporapar kabupaten Indragiri Hulu," harap Age Rusmila.

Sementara itu ditempat terpisah Camat Seberida Roma Doris SS.MPS.Eng, saat dikonfirmasi terkait perencanaan akan digelarnya event pacu sampan mini Pangkalan Kasai tersebut sangat mendukung.

"Tentunya kita sebagai pemerintahan kecamatan sangat mendukung dengan akan digelarnya event pacu sampan tersebut. Namun dengan catatan, kondisi dan keadaan yang saat ini sedang dilanda covid-19, betul-betul telah aman serta diizinkan oleh pemerintahan terutama dari pemerintahan kabupaten Inhu," tegasnya.(shp)





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar