Ditengah Pandemi Covid-19, Kabupaten Inhu Panen Ratusan Hektar Sawah

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, Paino SP panen raya di Desa Kuala Mulia Kecamatan Kuala Cenaku

INHU - Meski dimasa-masa sulit dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Namun Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) masih bisa melakukan panen raya terhadap ratusan hektar sawah yang berada di Desa Kuala Mulia Kecamatan Kuala Cenaku.

Ratusan hektar sawah siap panen yang dikelola kelompok tani Sumber Rezeki 1 itu sengaja mengundang Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE yang diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distan) Inhu, Paino SP untuk melakukan panen raya, Jumat (29/5/2020).

Kepala Distan Inhu, Paino SP disela-sela panen raya tersebut mengatakan, atas nama Pemkab Inhu ia merasa bersyukur karena dimasa sulit dampak pandemi Covid-19, Kabupaten Inhu masih bisa melakukan panen raya padi disalah satu daerah lumbung padi Inhu, yakni Desa Kuala Mulia Kecamatan Kuala Cenaku.

"Alhamdulillah, hari ini kita telah melakukan panen raya di Desa Kuala Mulia, sawah yang dipanen hari ini seluas 40 hektar, sedangkan total sawah di Kuala Mulia akan dipanen secara bertahap seluas 420 hektar," kata Paino.

Diungkapkan Paino, panen raya ini diharapkan sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Inhu saat pandemi Covid-19, setidaknya, Kabupaten Inhu bisa mengatasi masalah keterbatasan bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok dimasa sulit ini sesuai harapan pemerintah yang menuntut agar daerah dapat melaksanakan berbagai upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan untuk menghindari berbagai dampak negatif, misalnya kekurangan bahan pangan.

"Atas nama Pemkab Inhu, saya mengucapkan terima kasih pada petani yang telah berjuang dalam mempertahankan ketersediaan bahan pangan, jika dokter dan tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam penangan Covid-19, maka petani adalah pejuang untuk ketahanan pangan," ucap Paino.

Sementara itu, pengurus kelompok tani Sumber Rezeki 1 Desa Kuala Mulia mengatakan, sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih pada Pemkab Inhu, terutama Dinas Pertanian Inhu yang telah membimbing dan memotivasi serta membantu kelompok tani untuk terus berjuang menanam padi meski dihadapkan oleh berbagai masalah atau halangan, mulai bencana banjir hingga pandemi Covid-19 ini, maka kelompok tani sengaja mengundang Bupati Inhu melalui Kepala Distan untuk melakukan panen raya di Desa Kuala Mulia.

"Mudah-mudahan hasil panen ini bisa menutupi kebutuhan beras untuk Kabupaten Inhu, terima kasih pak Yopi, terima kasih pak Kepala Distan Inhu," ungkap pengurus kelompok tani.

Sebagaimana diketahui, untuk Kuala Cenaku ada 11 Kerangka Sampel Area (KSA), 3 diantaranya berada di Desa Kuala Mulia yang mencapai luas sekitar 420 hektar.
Dari jenis varitas yang ditanam, maka diperkirakan 1 hektar sawah mampu menghasilkan 4,76 ton Gabah Kering Panen (GKP).
Dengan demikian, untuk 420 hektar sawah di Kuala Mulia diprediksi mampu menghasilkan 1974 ton GKP (ril)





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar