Vidcon dengan Gubernur Riau, Forkopimda Inhu Diminta Perketat Pemeriksaan Pemudik yang Datang

INHU - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu menggelar video confrence (Vidcon) dengan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar dan Forkopimda Riau.

Vidcon tersebut membahas tentang evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi Riau dan sekaligus sosialisasi mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman dari Pandemi Covid-19 atau new normal.

Acara Vidcon digelar di ruang tunggu VIP lantai 4 kantor Bupati Inhu Jalan Lintas Timur, Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau, Kamis 28 Mei 2020.

Dalam arahannya, Gubernur Riau H Syamsuar mengharapkan kepada seluruh kepala daerah di wilayah Provinsi Riau terkait perkembangan penanganan penyebaran pencegahan dan penanganan cepat harus segera menerapkan alur pengajuan new normal.

"Hal itu disebabkan wilayah kita sudah dikelilingi dari beberapa wilayah yang positif begitu meningkat, seperti Provinsi Sumut, Sumbar, Kepri dan Jambi," kata Syamsuar.

Oleh karena sudah selesai melaksanakan Hari Raya Idul Fitri, tidak menutup kemungkinan arus balik masyarakat yang selesai mudik. Maka dari itu protokol gugus Covid-19 agar betul-betul memeriksa bagi pemudik agar dicek KTP nya dan menunjukan hasil rapid test dari Dinas Kesehatan.

Syamsuar menambahkan, diwilayah Provinsi Riau sudah ada beberapa kabupaten yang telah menerapkan PSBB, sehingga untuk menerapkan new normal, maka dirinya meminta kepada masyarakat agar harus mematuhi aturan yang telah ditentukan.

"Sesuai dengan aturan baru dari Menteri Pendidikan bahwa untuk pendidikan segera dibuka kembali. Karena akan dibuka kembali universitas dan sekolah maka kita harus lebih mempersiapkan segala sesuatu untuk pencegahan dengan cara jaga jarak, pakai masker dan mempersiapkan tempat untuk cuci tangan," jelas Syamsuar.

Sementara itu, Kapolda Riau dalam pernyataannya menegaskan, bahwa sebagaimana arahan dari Presiden yang ditekankan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk pencegahan Covid-19 dengan mendisiplin masyarakat ditempat keramaian, seperti pasar, swalayan dan tempat keramaian lainnya dengan cara mencari solusi bagaimana cara protokol kesehatan terhadap Covid-19 agar bisa mencegah perkembangan Covid-19.

Sementara itu, Sekda Inhu, Ir H. Hendrizal, M.Si mengatakan, bahwa Kabupaten Inhu sudah menerapkan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang sudah ditentukan.

"Alhamdulillah, di Kabupaten Inhu sekarang sudah ada penurunan terkait virus corona. Yang awal positif 3, kini sudah sembuh 2 dan tinggal 1 orang. Untuk PDP 16 orang sudah sembuh juga dan ODP sudah berkurang," jelas Hendrizal.

Dalam dari pada itu, Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP usai Vidcon, kepada awak media menegaskan, terselenggaranya acara Vidcon dengan Gubernur Riau dan Forkopimda Riau terkait evaluasi PSBB di Provinsi Riau sekaligus sosialisasi mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman Covid-19, bertujuan untuk bagaimana mencari solusi untuk pencegahan dan penyebaran Covid-19 agar tidak menyebar ke masyarakat banyak. Karena wilayah Riau sudah diapit oleh wilayah yang terpapar PDP ataupun positif Covid-19.

"Saya berharap kepada masyarakat di Kabupaten Inhu agar dapat menjaga stamina dengan baik dan jangan berpergian dulu, apalagi keluar kota. Hingga selesai imbauan dari pemerintah pusat ataupun daerah tentang larangannya agar dipatuhi bersama," imbau Dandim.

Hadir dalam Vidcon tersebut, Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP, Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIk, Sekdakab Inhu Hendrizal MSi, Kadis Kesehatan Inhu Ellis Julinarti MKes, Kadis Kominfo Inhu Jawalter MPd, Kepala KPBD Inhu Erguspian, Dirut RSUD Indra Sari Rengat drg Sri Darmayanti dan Kadis Perhubungan Inhu Erpandi.***





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar