Kawanan Gajah Liar Merusak Kebun Warga di Simpang Kelayang, Inhu

Kawanan Gajah Liar Merusak Kebun Warga di Simpang Kelayang, Inhu
Foto: Kebun kelapa sawit milik warga rusak akibat dilintasi kawanan gajah di Kelurahan Kelayang, Kecamatan Kelayang, Rabu 27 Mei 2020.

INHU - Kawanan gajah liar merusak kebun kelapa sawit milik warga di Kelurahan Simpang Kelayang, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Inhu, Provinsi Riau, Rabu 27 Mei 2020.

Konon, kawanan gajah berjumlah empat ekor tersebut memasuki areal perkebunan warga sejak dua pekan terakhir ini.

Ada yang menyebutkan bahwa daerah tersebut merupakan lintasan hewan berbadan besar tersebut. Karena wilayah tersebut berdekatan dengan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

Salah seorang warga sekitar, Dedi (38) mengaku kebun kelapa sawit miliknya rusak akibat dilintasi kawanan gajah. Kata Dedi, bukan kali pertama kawanan gajah memasuki desanya dan merusak areal perkebunan karet dan kelapa sawit milik warga.

"Warga banyak yang trauma dan takut untuk pergi ke kebun," sebutnya.

Sedikitnya empat hektar lahan warga yang dirusak kawanan gajah, terdiri dari tanaman kelapa sawit, karet dan pisang. Menurut Dedi, sejumlah warga pemilik kebun sudah melaporkan kejadian itu ke Polsek Kelayang. Warga berharap agar laporan itu diteruskan ke BBKSDA Riau.

"Kawanan gajah liar itu sudah memasuki pemukiman warga" jelas Dedi.

Hal serupa juga disampaikan Tobas (40) warga sekitar. Namun, Tobas berharap ada perhatian dari Pemkab Inhu. Apalagi, kata dia, pada bulan April lalu satu ekor gajah liar dewasa ditemukan mati mengenaskan di areal kebun warga di desanya.

"Sampai kini belum ada pihak terkait yang datang untuk melihat atau menghalau kawanan gajah tersebut," tandasnya.

Untuk mengantisipasinya, warga mencoba mengusir kawanan gajah dengan cara membunyikan petasan dan membuat api unggun.

Sementara itu, Kabid Wilayah 1 BBKSDA Riau, Andre Hansen Siregar, Rabu 27 Mei 2020 membenarkan jika pihaknya telah menerima laporan warga terkait kawanan gajah yang merusak kebun warga di Kelurahan Simpang Kelayang.

"Ya benar, kita sudah menerima laporan warga. Kita sudah menurunkan tim ke Inhu untuk memantau dan mencoba menghalaunya agar kawanan gajah tersebut kembali ke habitatnya," katanya.

Andre mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkab Inhu, agar dapat membantu mengahalau kawanan gajah tersebut. Sehingga warga bisa kembali tenang dan beraktivitas seperti biasa.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index