Bupati Inhu Izinkan Warga Salat Idul Fitri, Ini Syaratnya

Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE

INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H. Yopi Arianto SE mempersilahkan warga Kabupaten Inhu, Riau untuk melaksanakan salat ied di masjid atau musala di lingkungan masing-masing. Walau menginzinkan tapi Bupati Yopi menyampaikan syarat khusus terkait imbauan tersebut.

"Kepada seluruh warga Kabupaten Inhu dipersilahkan salat idul fitri (ied) di masjid maupun musala, dengan ketentuan, membawa sajadah masing-masing, memakai masker, dan yang kurang sehat atau mengalami sakit flu, pilek, batuk atau demam jangan dipaksakan salat di masjid," ujar Bupati Yopi, Sabtu 23 Mei 2020.

Ditambahkan, bagi warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Pelaku Perjalanan (PP) diminta untuk salat dirumah masing-masing.

Menurut Yopi, dirinya akan melaksanakan salat ied di dalam masjid. Walau nantinya dia tidak berpidato usai salat ied, sebagaimana pada lebaran yang lalu-lalu. Bahkan, fungsi protokoler tidak dilakukan.

"Terkait kegiatan ibadah diserahkan kepada masing-masing jamaah dan pengurus masjid atau musala yang ada di Kabupaten Inhu," sebutnya.

Lebih jauh dikatakan, tahun ini tradisi pawai obor dan takbiran keliling tidak digelar di Kabupaten Inhu. Hal ini sesuai dengan maklumat Bupati Inhu No.77/Kesra/IV/2020.

"Memperhatikan kondisi saat ini, pawai obor ditahan untuk diadakan. Untuk takbiran cukup dari masjid dan musala yang tidak jauh dari rumah masing-masing," tambahnya.

Bahkan, pada tahun ini dirinya tidak menggelar open house seperti yang dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri di tahun-tahun sebelumnya. Dia ingin instropeksi diri pada momen Idul Fitri tahun ini.

"Silahkan masyarakat untuk silaturahmi dengan keluarga di rumah masing-masing," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati termuda di Riau ini juga mengucapkan selamat Idul Fitri kepada seluruh warga Kabupaten Inhu dan meminta agar warga selalu sabar dan mendoakan kondisi daerah di tengah Pandemi Covid-19 ini.

Kepada seluruh pejabat dan ASN di Lingkungan Pemkab Inhu, Bupati Yopi menegaskan agar tidak melakukan perjalanan keluar kota.

"Kepada warga Inhu saya imbau agar selalu sabar dan jangan egois serta jangan saling salah menyalahkan. Mari kita selalu bersyukur, karena di tengah wabah saat ini kita harus mampu optimis dan berpikir positif serta jangan ada kata menyerah," tegasnya.***





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar