Sebanyak 89 KPM di Desa Petalabumi Inhu, Terima BLT DD

INHU - Pemdes Petalabumi, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), serahkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa kepada 89 Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dampak Covid- 19. Penyerahannya ditandai dengan pemberian Kartu Laku Pandai kepada penerima bantuan tersebut, Selasa (19/5/2020).

Anggaran ini diberikan kepada keluarga terdampak ekonomi akibat Covid-19, yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Kartu Prakerja, dan lainnya.

Kepala Desa Petalabumi H.Subani S.Pdi mengatakan, dana BLT yang dialokasikan dari Dana Desa besarannya Rp.600 ribu rupiah per bulannya selama 3 bulan, yakni bulan April, Mei dan Juni.

Menurutnya, besaran BLT untuk tiap-tiap desa bervariasi berdasarkan jumlah besaran Dana Desa dari mulai 25, 30 dan maksimal 35 persen dari total keseluruhan Dana Desa yang diterima desa. “Akan tergantung jumlah besaran Dana Desa, dengan rincian masyarakat penerima manfaat akan mendapatkan Rp600 ribu per bulan, selama April, Mei hingga Juni,” katanya disela pembagian kartu Laku Pandai.

Untuk desa Petalabumi sendiri besaran dana yang akan dikucurkan kepada keluarga penerima manfaat selama 3 bulan tersebut mencapai Rp.1,6 miliyar lebih, yang akan disalurkan secara bertahap.

Kades berharap penyaluran BLT dapat berjalan dengan aman dan lancar walau dengan berbentuk kartu Laku Pandai. Nantinya pihak penerima bantuan langsung pencairannya mengambil ke Bank yang sudah ditentukan. Dari itu pihak penerima harus membuat rekening Bank atas nama penerima.

Lanjut Kades, dari 89 KK penerima yang sudah ditetapkan, hanya 70 KK yang bisa mengambil pencairannya melalui Bank. Sedangkan yang 19 KK tidak dapat ter input, untuk 19 KK penerima ini kata Kades akan kita serahkan langsung, ujarnya.

" Untuk tahap pertama ini, kita salurkan untuk bulan April, mungkin untuk bulan Mei baru bisa dicairkan setelah hari raya," sebutnya.

Hadir dalam penyerahan tersebut, Camat Seberida Roma Doris yang diwakili Kasi Pembangunan, Abdul Hayat, Kasi Trantib Zaizul S.Hut, Bhabinkamtibmas Desa Petalabumi Bripka Amri Tanjung, Kades H.Subani bersama perangkat, BPD, serta Keluarga Penerima Manfaat.(shp)




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar