Pedagang Kue Lebaran di Pasar Soegih Belilas Sebut Pembeli Masih Sepi

Tampak salah seorang pedagang kue Lebaran di Pasar Soegih Belilas, masih terlihat santai

INHU - Omzet penjualan aneka kue lebaran dan oleh-oleh di Pasar Soegih Belilas, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) turun drastis hingga mencapai 50 persen dari biasanya di periode yang sama.

Meski demikian para pedagang musiman ini tidak banyak mengeluh, mereka mengaku menyadari betul kondisi yang dialaminya tersebut tak hanya sendiri namun dialami banyak orang.

Mumtakini salah seorang pedagang kue lebaran di Pasar Soegih Belilas saat ditemui wartawan Riaukarya.com, Jumat 15 Mei 2020 mengatakan bahwa, dipertengahan Ramadan omzet penjualan dagangannya bisa naik hingga lebih dari 100 persen. Kali ini justru sebaliknya tingkat penjualan hanya 50 persen saja dari hari-hari biasa.

"Biasanya setiap bulan Ramadan, dipertengan 15 hari jelang lebaran saja sudah ramai pembeli, sementara sekarang ini para pembeli masih sepi tidak seperti tahun tahun sebelumnya,” ungkap Mumtakini.

"Ya kita menyadari, kondisi sekarang ini perekonomian masih sulit. Terkait imbas daripada pandemi covid-19 yang kita rasakan saat ini," imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Mas Mum ini juga menyampaikan, kondisi demikian tidak hanya dirasakannya sendirian, namun dirasakan hampir semua pedagang di Pasar Soegih, karena efek covid-19.

"Harus bagaimana lagi, harus diterima, harus pasrah, yang mengalami tidak hanya diri sendiri, penghasilan segini juga harus sudah bersyukur. Dari pada penyakit (corona) terus menyebar, mending seperti ini dulu, semoga ke depan virus ini cepat hilang,” harap Mas Mum.

Hal senada juga disampaikan pedagang kue lebaran lainnya, seperti yang dikatakan Putri. Ia mengatakan, sejumlah penjual kue kering pun mengeluhkan dengan berkurangnya jumlah pembeli menjelang lebaran tahun ini. Para pedagang menduga sepinya pembeli ada kaitannya dengan wabah virus Corona yang menjadi penyebab utama lesunya penjualan kue kering di tahun ini.

"Biasanya sudah mulai ramai nih orang beli buat lebaran,  sekarang lihat sendiri sepi. Sejak mewabahnya virus Corona, ekonomi jadi lumpuh," tegas Putri penjual kue kering yang biasa mangkal di halaman Pasar Soegih ini.(shp)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar