Pemdes Sibabat Inhu, Mulai Salurkan BLT - DD Kepada Keluarga Kurang Mampu Terdampak Covid- 19

INHU - Pemerintah semakin gencar memberikan bantuan sosial bagi warga yang terdampak dari adanya pandemi virus Corona atau Covid 19, yang terbaru adalah bantuan bagi masyarakat miskin yang bersumber dari dana desa, kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa. Dalam beleid revisi PMK No. 205/2019 ini, Kementerian Keuangan mengubah sebagian anggaran dana desa menjadi bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai atau BLT Desa.

Salah satu desa diwilayah Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu),  yang telah menyalurkan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa adalah Pemerintah Desa Sibabat yang pada Selasa pagi (12/5/2020) menyalurkan BLT Desa kepada 45 warga yang terdampak dalam Pandemi Corona virus atau Covid 19 bertempat di Gedung Serbaguna desa setempat.

Turut hadir dalam penyaluran BLT DD tersebut antara lain Ajirin Aswad Kepala Desa Sibabat, Camat Seberida, Roma Doris, Bhabinkamtibmas Desa Sibabat,  Polsek Seberida Polres Inhu, Bripka Amri Tanjung, Kasi Pemerintahan Cornelia Chandra S.Hut, Pendamping Desa, Ketua BPD, Sekdes dan Perangkat desa Sibabat serta warga penerima BLT berjumlah 45 orang.

Ajirin Aswad selaku Kepala Desa Sibabat dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bapak Camat Kecamatan Seberida dan juga Pendamping Desa serta semua tamu undangan. Dan untuk penyaluran ini tidak bisa kita laksanakan secara serentak mengingat tempat yang terbatas dan masih diberlakukannya physical distancing atau jaga jarak fisik diantara warga tetapi semua akan disalurkan pada hari ini juga yaitu dengan sistem bergilir atau bergantian.

"Terkait dengan adanya Covid-19 Pemerintah Desa Sibabat berdasarkan instruksi dari pemerintah untuk membantu warga yang kurang atau tidak mampu terkait dampak Covid-19 dengan menggunakan dana desa dan berdasarkan hasil musyawarah khusus Pemerintah Desa dengan Ketua RT serta anggota BPD jumlah penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT - DD) sebanyak 45 KK, adapun besaran dari BLT - DD ke masing masing KK adalah sebesar Rp 600.000 dan di terimakan selama 3 bulan," kata Ajirin Aswad.

"Kami sangat berharap kepada bapak bapak dan ibu ibu penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin untuk membeli kebutuhan pokok, kecukupan gizi dan vitamin demi untuk meningkatkan imunitas diri dan sebagai pertahanan dari Coronavirus atau Covid 19," tambahnya.

"Untuk saat ini kita cairkan 1 bulan pertama yaitu untuk bulan April, dan untuk pencairan bulan Mei, Insya Allah akan kita cairkan sebelum hari Raya Idul Fitri," tandasnya.

Sementara itu, Camat Seberida Roma Doris yang turut hadir dalam penyaluran tersebut  menyampaikan bahwa warga yang menerima BLT DD ini merupakan warga kurang mampu yang terkena dampak oleh adanya covid 19 dan sudah dilakukan verifikasi langsung oleh ketua RT, Perangkat Desa, BPD Desa Sibabat.

Harapan Camat, semoga bantuan tersebut betul betul dimanfaatkan dengan sebaik baiknya serta warga dapat mematuhi semua imbauan dari pemerintah guna memutus rantai penyebaran Covid 19.

Terpisah, Bhabinkamtibmas Desa Sibabat Bripka Amri Tanjung saat dikonfirmasi menjelaskan bahwasannya dalam kegiatan tersebut dilakukan pengawalan yang dilakukan Bhabinkamtibmas. Hal ini untuk menghindari terjadinya gangguan keamanan, sehingga bantuan di tengah pandemi Virus Corona, dapat berjalan aman dan tepat sasaran serta benar-benar diterima oleh warga yang berhak menerima.

"Kami juga menghimbau kepada warga agar selalu menggunakan masker untuk menghindari penyebaran Covid 19 dan jarak minimal 1 meter guna pencegahan memutus mata rantai virus corona atau Covid -19," ujar Amri Tanjung singkat.






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar