Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Batal Dioperasikan untuk Mudik Lebaran 2020

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Batal Dioperasikan untuk Mudik Lebaran 2020

PEKANBARU - Rencana Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dibuka dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah batal dilaksanakan. Kondisi ini dikarenakan sesuai dengan imbauan pemerintah, untuk tidak mudik lebaran pada tahun ini guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK), Muhammad Fauzan, mengatakan bahwa secara fisik pembangunana jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer ini sudah rampung. Namun perlu ada kesiapan atau uji coba jalan tol Pekanbaru-Dumai untuk bisa dilalui.

"Secara fisik masih ada yang perlu disiapkan untuk bisa dilalui. Tetapi dengan adanya arahan pemerintah untuk tidak mudik, maka tol berkemungkinan tidak dibuka, menunggu arahan Kementerian PUPR dan pihak terkait lainnya," kata Fauzan, Rabu (6/5/2020).

Fauzan menerangkan, saat ini jalan tol Permai yang betul-betul laik pakai dan bisa dilalui oleh kendaraan, yakni Seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer, dari pintu masuk tol Pekanbaru sampai pintu keluar di Minas.

Seksi 1 ini sudah dilakukan ujicoba beberapa bulan yang lalu, bahkan juga sudah dilalui oleh Presiden RI Joko Widodo. Sedangkan untuk seksi lainnya menunggu uji laik sehingga tidak difungsionalkan.

"Seksi 1 sudah siap, hanya kami menunggu arahan dari regulator dalam hal ini Kementerian PUPR. Apa akan dipakai untuk jalur mudik atau masih ditutup, mengingat pandemi dan protokol Covid-19," cakapnya.

Untuk diketahui, jika nantinya jalan tol Pekanbaru-Dumai ini dioperasionalkan, jalan tol ini nantinya akan menyingkat waktu tempuh antara Kota Pekanbaru dan Dumai, dimana dari yang semula 6-7 jam menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam.

Tol Permai akan dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai. 10 TIP ini terbagi menjadi 2 tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) KM 45,075. Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) KM 64,925.

Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) KM 82,3 dan Seksi 6 (Duri Utara-Dumai) KM 13,850. Hingga saat ini, progres pembangunan TIP masih dalam tahap pembebasan lahan dan land clearing. Keseluruhan TIP ini ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional setelah Tol Permai mulai dioperasionalkan.

#Ekonomi

Index

Berita Lainnya

Index