Bupati Inhu Ajak Wartawan Bersama Hadapi COVID-19

INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Yopi Arianto sambangi sejumlah organisasi kemasyarakatan dalam rangka mengajak semua pihak mengatasi penyebarluasan virus corona di kabupaten in. Salah satu organisasi dituju adalah Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Inhu.

Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan guna memutus rantai penyebaran COVID-19 oleh Pemkab Inhu agar warga tidak terkontaminasi, tetap streril dari pengaruh corona, dan bahkan virus berbahaya ini tidak berjangkit di tengah masyarakat.

Kantor Persatuan Wartawan Indonesia salah satunya, didatangi Bupati bersama rombongan karena wartawan dianggap sebagai garda terdepan untuk corong informasi kepada publik.

"Saya menginginkan dan berharap tidak ada warga Inhu yang terjangkit corona," kata Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto di Rengat, Selasa (23/4/2020).

Bupati mengatakan setakat ini, belum ada masyarakat Inhu yang positif corona. Ini sangat dibanggakan, namun semua tidak boleh lengah.

Pemerintah telah mengusulkan anggaran mencapai Rp92,5 miliar untuk berbagai program pencegahan, pemutus mata rantai corona yang menjadi sorotan dunia saat ini.

"Suksesnya program tidak terlepas dari peran aktif pers sebagai garda terdepan memberikan informasi," sebut Bupati.

Serahkan bantuan

Bupati Inhu saat berkunjung juga didampingi Kadis Kominfo, Kadis Sosial, dan sejumlah Kepala OPD. Merek menggelar konfrensi pers dengan sejumlah wartawan di Kantor PWI Inhu sekaligus memberikan bantuan seperangkat laptop untuk membantu aktivitas organisasi.

"Ini untuk membantu kinerja dan administrasi kantor PWI," sebut Bupati.

Yopi Arianto sebagai orang nomor satu di Inhu ini, menyebutkan baru pertama menyambangi anggota dan pengurus PWI langsung ke kantornya. Walau demikian, hal itu tidak mengurangi nilai dan rasa persaudaraan dan kemitraan selama ini.

"Kalau di luar setiap hari kita jumpa, dialog, namun secara tatap muka bersama baru kali ini," ujarnya.

Menurutnya, hubungan baik dengan insan pers sangat harus tetap terjaga, bahkan lebih baik lagi karena program pemerintah akan cepat sampai ke tengah masyarakat melalui kerja keras para kuli tinta.

Bupati juga meminta agar semua Organisasi Perangkat Daerah ikut membantu kinerja pers, tidak perlu takut dengan memberikan informasi seutuhnya serta melayani dengan baik.

Lebih lanjut, dia mengatakan wabah corona mempengaruhi semua pihak, banyak masyarakat ekonomi lemah juga terganggu ekonominya. Melihat kondisi itu, Pemda akan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Bantuan itu bisa saja berupa sembako, uang atau lainnya, masih melihat situasi. Setidaknya sesuai data, ada sekitar 36 ribu warga yang membutuhkan bantuan.

"Proses penyaluran bantuan dan realisasi anggaran masih dalam tahap kajian, jika disetujui pusat, maka secepatnya didistribusikan," ujar Bupati Yopi.

Bupati menilai bahwa kontribusi semua pihak selama ini, baik atas nama organisasi, pribadi atau perusahaanyang berempati pada COVID-19 cukup baik dan perludiapresiasi tinggi.

Jemput bola

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu Jawalter menambahkan, kedatangan Bupati ke Sekretariat PWI didampingi sebagian kepala OPD adalah bentuk perhatian dan kemitraan dan juga wujud salah satu program kerja perintah.

"Syukurlah pada momen yang baik ini diberikan kesempatan untuk berdialog sekaligus silaturahmi," sebut Jawalter.

Jawalter menyebutkan, selama ini hubungan baik dengan insan pers dan media sangat baik. Melalui temu dialog ini diharapkan akan semakin akrab dan saling mendukung pencapaian targetpembangunan.

"Saya berharap terjalin kemitraan yang lebih optimal lagi," ujarnya.

Dia berharap semua pihak memberikan kontribusi dan empati terhadap daerah, terutama dalam situasi wabah COVID-19 yang sedang melanda.

"Mari rekan semua, kita bangun Inhu ini lebih baik. Sampaikanlahinformasi yang positif, akurat kepada masyarakat," ajak Jawalter. (Adv, Diskominfo Inhu)




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar