AS Pasien Positif Covid-19 Pertama di Inhu, Tidak Diketahui Sumber Penularannya

AS Pasien Positif Covid-19 Pertama di Inhu, Tidak Diketahui Sumber Penularannya

PEKANBARU - Kepada seluruh masyarakat Riau diharapkan untuk tetap waspada terhadap penyebaran kasus covid-19. Karena saat ini seluruh wilayah Riau sudah terkonfirmasi pasien positif covid-19, dan yang terbaru dari Kabupaten Inhu, untuk pertama kalinya terkonfirmasi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau, H. Syamsuar, Ahad 3 Mei 2020.

Adapun pasien terkonfirmasi positif untuk pertama kalinya terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu adalah pasien 52 positif covid-19 berinisial AS (54), dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Pekanbaru.

“Pasien AS tidak memiliki riwayat perjalanan, dan warga Indragiri Hulu harus sadar dan meningkatkan kewaspadaannya mengingat ini kasus positif pertama dan tidak diketahui darimana sumber penularannya,” tegas Gubernur Riau.

Selanjutnya kata Gubri, saat ini pasien positif covid-19 dari hasil klaster terbesar, dimana hasil klaster ini merupakan kegiatan berkumpulnya orang banyak. Yakni di Kota Dumai dari pertemuan Nakes Teladan yang saat ini menjadi 12 orang.

Bertambah dua orang, yakni Pasien 46 positif covid-19 pasien IS (71), yang merupakan warga Kota Dumai dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Dumai. Pasien IS (71) merupakan kontak erat dari salah satu orang yang hadir di Pertemuan Nakes Teladan. Namun beliau yang hadir ini hasil uji swabnya negatif.

“Selanjutnya Pasien 47 positif covid-19 di Riau adalah pasien SS (2), yang merupakan warga Kota Dumai dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Dumai. Pasien SS (2) memiliki keterkaitan dengan klaster Pertemuan Nakes Teladan. Pasien SS (2) merupakan kontak erat dari salah satu orang yang hadir di Pertemuan Nakes Teladan. Namun beliau yang hadir ini hasil uji swabnya negatif,” kata Gubri.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing). Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian,” tambah Gubri lagi.

Sementara itu, dari data gugus tugas covid-19 Riau, informasi per hari Minggu (3/5/2020) di Provinsi Riau, terdapat penambahan 8 kasus positif covid-19 dan 10 pasien positif covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, sehingga total di Provinsi Riau terdapat 53 kasus positif, 22 dirawat, 26 sehat dan sudah dipulangkan, dan 5 meninggal dunia. 155 PDP yang masih dirawat, 448 PDP negatif covid-19 dan dipulangkan, dan 89 PDP meninggal dunia, dan 10.560 ODP dalam pemantauan, 43.363 ODP sudah selesai pemantauan.***

 

#Corona

Index

Berita Lainnya

Index