Disdik Riau Pastikan Bosda SMA/SMK Swasta Aman Tak Dialihkan untuk Covid-19

PEKANBARU - Dinas Pendidikan Provinsi Riau pastikan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) SMA/SMK swasta di Provinsi Riau tidak dialihkan untuk penanganan virus Corona (Covid-19) di Provinsi Riau. 

Kepastian itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Provinsi Riau, Kaharuddin kepada saat dikonfirmasi soal Bosda SMA/SMK swasta belum cair, apakah dialihkan untuk penanganan Covid-19. 

"Saya pastikan dana Bosda SMA/SMK swasta masih tetap aman di APBD Riau tahun ini. Dana itu tidak akan dialihkan untuk penanganan anggaran Covid-19," katanya. 

Kaharuddin menjelaskan, belum dicairkan dana Bosda SMA/SMK swasta disebabkan dana yang  bersumber dari APBD Riau satu rekening dengan dana Bosda SMA/SMK negeri yang dimasukan dalam Belanja Langsung (BL). 

Padahal menurutnya, dana bantuan Bosda SMA/SMK swasta ini harus dianggarkan ke dalam Bantuan Tak Langsung (BTL) dan tidak boleh dalam bentuk BL. 

"Kalau dana Bosda SMA/SMK negeri dicairkan secara otomatis, dana Bosda SMA/SMK swasta tak bisa dicairkan karena dana tersebut masih dalam bentuk belanja langsung," terangnya. 

"Makanya dana Bosda SMA/SMK swasta sampai sekarang belum bisa dicairkan karena harus dimasukan kedalam BTL. Tidak boleh dalam bentuk belanja langsung. Karena dana ini sifatnya hibah," paparnya. 

Untuk itu, Kaharuddin meminta sekolah sekolah tidak khawatir, karena lihaknya akan berupaya agar dana tersebut bisa dicairkan.

"Untuk menciarkan Bosda itu harus ada Peraturan Daerah (Perda) kerena mengubah anggaran BL ke BTL. Dan bisanya di APBD Perubahan ini bisa dilakukan. Beda halnya dari BL, meski dalam satu rekening cukup Peraturan Gubernur (Pergub) Riau," jelasnya. 

"Intinya Bosda SMA/SMK swasta ini bisa dicairkan harus di Perda-kan dulu. Ya kita targetkan di APBD Perubahan dana ini bisa dicairkan. Yang jelas Bosda itu aman, dan kita sudah konfirmasi ke 
Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau anggaran itu tidak dialihkan untuk Covid-19," tutupnya. (mcr)




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar