Ditengah Pandemi Covid-19, Bupati Inhu: Desa Harus Berdayakan Potensi yang Ada di Masyarakat

Ditengah Pandemi Covid-19, Bupati Inhu: Desa Harus Berdayakan Potensi yang Ada di Masyarakat

INHU - Bupati Indragiri Hulu, H. Yopi Arianto mengharapkan desa bisa memberdayakan masyarakatnya dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Inhu. Hal ini disampaikannya saat pelantikan 27 Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Inhu, Senin (13/4/2020).

"Bantu saya menjadi relawan Covid-19," tegas orang nomor satu di Kabupaten Inhu itu. 

Ia berharap agar desa selalu berkoordinasi dengan pihak kecamatan dalam menetapkan suatu tindakan, misalnya hendak menutup tempat-tempat umum. 

"Jangan sungkan koordinasi dengan camat, kalau ragu silahkan ke inspektorat," kata Yopi. 

Yopi melanjutkan masyarakat juga harus mengikuti imbauan dari aparat TNI Polri selama pandemi Covid-19. 

Terkait isu lockdown, Yopi menegaskan bahwa hal itu merupakan kewenangan dari Presiden RI. Hal ini guna menjaga kestabilan negara. "Jangan kita hujat menghujat," tegasnya. 

Oleh karena itu dirinya meminta agar masyarakat Inhu tidak panik dalam menghadapi situasi saat ini. 

Sementara itu, di tengah pandemi saat ini Desa diharapkan mampu memberdayakan potensi yang ada di tengah masyarakat. Seperti yang disampaikannya, pengerajin dan penjahit di desa bisa diberdayakan untuk membuat masker.

Terkait modalnya, desa bisa menggunakan dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) yang bersumber dari pusat, provinsi, maupun daerah atau bahkan menggunakan dana dari pihak swasta. Untuk penggunaannya, desa harus senantiasa berkoordinasi dengan camat atau inspektorat agar tidak melanggar aturan.(ind)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index