Tingkatkan Imunitas Tubuh, Bupati Yopi Instruksikan ASN Pemkab Inhu Berjemur

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Bupati Yopi Instruksikan ASN Pemkab Inhu Berjemur
Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE saat memimpin apel beberapa bulan yang lalu

INHU - Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE mengintruksikan kepada seluruh jajarannya agar disetiap apel pagi untuk berjemur selama kurang lebih 15 menit. 

Instruksi itu telah dilakukan mulai Jumat 27 Maret 2020 pagi oleh seluruh ASN di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Inhu di halaman kantor Bupati Inhu.

"Aksi berjemur tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh," ujar Bupati Yopi saat dikonfirmasi via seluler, Jumat 27 Maret 2020 malam.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat badan tetap sehat dan bugar. Bisa dengan olahraga secara teratur, jaga pola makan, banyak konsumsi sayur dan buah, istirahat yang cukup, dan lainnya termasuk kebutuhan akan vitamin D. 

"Seperti kita ketahui bersama bahwa vitamin D ini sangat berfungsi untuk menstimulus sel imun guna menghalau virus dan bakteri dan salah satunya bisa didapatkan dari sinar matahari," ujar Bupati Yopi.

Oleh karenanya, mulai pekan depan seluruh ASN di Lingkungan Pemkab Inhu dihimbau untuk berjemur di halaman kantor masing-masing mulai pukul 09.00 WIB, sekitar kurang lebih 15 menit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhu, Elis Julinarti mengatakan bahwa saat pandemi Covid-19 yang terus meluas, imunitas tubuh menjadi satu dari hal yang paling diperhatikan. Pada imun tubuh yang baik dipercaya menjadi salah satu cara untuk mencegah terjangkit virus corona atau Covid-19.

"Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang baik untuk tubuh. Paparan sinar matahari di waktu yang tepat dan dosis yang cukup, dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun," terang Elis.

Elis menyampaikan, ada anggapan sinar matahari dapat menangkal penyakit dengan cara mematikan virus. Persepsi tersebut keliru. Sinar matahari bisa menangkal penyakit dengan cara memperkuat daya tahan tubuh. 

"Panas sinar matahari bukan mematikan kayak menggoreng virus. Tapi, orang dapat manfaat vitamin D dari berjemur," jelasnya.

Dijelaskannya, paparan radiasi ultraviolet-B (UVB) dari sinar matahari pas untuk penyerapan vitamin D3 (kolekalsiferol). 

UVB yang mengandung pro-vitamin D3, saat bertemu kolesterol dalam tubuh, akan disintesis atau diubah menjadi vitamin D3. 

"Vitamin D3 ini yang menjadi sumber kekebalan tubuh tubuh manusia," kata Elis.

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index