Bukan China, Tapi Singapura Negara Terbesar Pemberi Utang ke Indonesia

Bukan China, Tapi Singapura Negara Terbesar Pemberi Utang ke Indonesia
Patung singa, di Singapura, foto : internet
PEKANBARU - Utang Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah. Berdasarkan Statistik Utang Luar Negeri yang dirilis oleh Bank Indonesia, hingga tahun 2016 ini utang Indonesia sudah mencapai Rp 4.000 triliun. 
 
Dari jumlah tersebut, negara dan lembaga yang paling besar menggelontorkan utang ke Indonesia, bukan China, seperti selama ini diperkirakan banyak orang. 
 
Lalu dari mana negara dan lembaga pemberi utang terbesar untuk Indonesia tersebut? Dilansir dari dw.com, inilah daftar negara dan lembaga internasional yang meminjamkan uang paling banyak buat Indonesia: 
 
1. Singapura
Negera terkecil di Asia Tenggara ini ternyata pemberi utang terbesar ke Indonesia, selain juga penerima uang-uang dari pengusaha dan konglomerat yang diparkirkan di negeri tersebut. Sebanyak 54,1 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 728 triliun digelontorkan ke Indonesia. 
 
2. Jepang
Negara yang pernah menjajah Indonesia ini, selain menjadikan nusantara sebagai pangsa terbesar mereka untuk produk otomotif, juga nomor 2 pemberi utang. Negeri Matahari Terbit ini memberikan utang sejumlah 32,9 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 442,8 triliun.
 
3. Bank Dunia
Bank Dunia (World Bank) merupakan lembaga keuangan nomor 1 yang memberikan utang ke Indonesia. Lembaga ini memberikan 17,2 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 231,5 triliun.
 
4. China
Nomor 4, negara dan lembaga internasional pemberi utang terbesar barulah China. Negeri Tirai Bambu ini menggelontorkan pinjaman hingga 14,3 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 192,5 triliun. 
 
5. Amerika Serikat
Negeri Paman Sam ini menduduki peringkat kelima, setelah China sebagai negara dan lembaga internasional pemberi utang terbesar ke Indonesia. Amerika meminjamkan uang sebanyak 10,3 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 138,6 triliun. 
 
6. Belanda
Belanda, negara kecil di Eropa yang pernah menjajah Nusantara hingga ratusan tahun itu dengan menyedot dan membawa kekayaan ke negerinya, menduduki peringkat keenam sebagai pemberi utang terbesar. Belanda memberikan uangnya ke Indonesia 9,3 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 125,1 triliun. 
 
7. Asian Development Bank
Bank Pembangunan Asia ini menduduki peringkat ketujuh sebagai negara dan lembaga internasional terbesar pemberi utang ke Indonesia. Lembaga keuangan tersebut menggelontorkan uang 9 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 121,1 triliun. 
  
ketujuh daftar negara dan lembaga keuangan tersebut hingga kini masih aktif memberikan pinjaman ke Indonesia, sejak negeri kaya raya ini merdeka tahun 1945 silam. 
 
Sumber: Riauonline.co.id

Berita Lainnya

Index