Hadapi Corona, Bupati Yopi Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat dan Taat Ibadah

Hadapi Corona, Bupati Yopi Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat dan Taat Ibadah
Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE

INHU - Bupati Indragiri Hulu, H. Yopi Arianto, SE menghimbau seluruh masyarakat Inhu agar tetap tenang dalam menghadapi virus corona (Covid-19) yang saat ini sudah mulai masuk kebeberapa wilayah di Indonesia.

“Kondisi global dunia saat ini mengalami problem karena adanya penyebaran virus corona. Untuk di Inhu, sementara ini sekolah belum diliburkan dan aktifitas tetap berjalan seperti biasa," ujar Bupati Yopi saat dikonfirmasi Riaukarya.com via seluler, Senin 16 Maret 2020 pagi.

Namun demikian,  Bupati Yopi mengingatkan masyarakat untuk tetap tawakal dan mau mengatur pola hidup sehat, serta tidak melupakan minuman tradisional seperti madu, jahe, dan lain sebagainya. Selain itu, perbanyak makan kurma jika ada dan kurangi makanan produk luar untuk saat ini.

"Paling terpenting, kita juga harus berdoa agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk terhindar dari penyebaran virus corona itu,” sebutnya.

Bupati yang dikenal sangat dekat dengan rakyatnya ini mengatakan, tidak perlu masyarakat kuatir terhadap penyebaran virus corona yang melanda Indonesia, karena sudah ada pakar-pakar kesehatan yang terus melakukan penelitian, pencegahan dan penanganan secara inten terhadap penyebaran virus tersebut.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat Inhu agar tidak panik. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kesehatan Inhu terus bergerak mewaspadai hal-hal yang tak diinginkan, dengan senantiasa siaga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” terang Bupati Yopi.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Yopi, namun dia juga mengajak masyarakat melakukan pola hidup sehat, dengan cara meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan.

“Jaga kesehatan tubuh dengan mamakan makanan yang bergizi seimbang, olahraga dan istirahat secara teratur serta sering-sering mencuci tangan dengan sabun seperti yang dianjurkan dalam gerakan masyarakat sehat (Germas),” sarannya. 

"Hari kamis nanti, dijadwalkan seluruh sekolah mau pun perkantoran selesai senam dibawa gotong royong membersihkan kantor masing-masing dan ditempat-tempat ibadah dan fasilitas publik lainnya seperti pasar dan RTH," jelasnya.

Terkait kondisi Inhu saat ini, Bupati Yopi mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur dan taat ibadah menurut kepercayaan masing-masing, serta jauhi fitnah dan jangan mudah percaya dengan informasi yang belum jelas kebenarannya.  

"Jika ada isu terkait virus corona, silahkan masyarakat Inhu berkordinasi dengan camat dan Puskesmas setempat, atau laporkan langsung ke Dinas Kesehatan Inhu, dan bisa juga melalui nomor pribadi saya di nomor 08127579000," pesan Bupati Yopi. 
 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index