Warga Desa Petala Bumi Temukan Jejak Harimau, Camat Seberida Langsung Responsif Telepon BKSDA

Warga Desa Petala Bumi Temukan Jejak Harimau, Camat Seberida Langsung Responsif Telepon BKSDA

INHU - Warga Desa Petala Bumi, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu dihebohkan dengan penemuan jejak diduga kaki Harimau yang berada di jalan poros desa pada Kamis 13 Maret 2020 pagi. 

Kepala Desa Petala Bumi, Subani mengatakan bahwa  lokasi jejak diduga kaki harimau itu ditemukan oleh warga di RT 17 Dusun Suka Jadi.

 

Diduga jejak Harimau 

Setelah menerima laporan warga, Subani langsung turun ke lokasi untuk mengecek kebenaran dari laporan tersebut. Setelah di cek, ternyata jejak kaki harimau tersebut lebih dari satu ekor.

"Belum bisa dipastikan apakah benar jejak kaki itu adalah jejak kaki harimau sumatera. Sebab, wujudnya kita tidak melihatnya," ujar Subani.

Dikatakan Subani, bahwa penemuan dugaan jejak kaki harimau itu kali pertama terjadi di Desa Petala Bumi. Meski dahulu pernah terlihat jejak kaki harimau tapi dari dalam hutan yang ada di desanya.

"Walau ada temuan dugaan jejak kaki harimau itu, warga saya masih beraktivitas seperti biasa," ujar Subani seraya mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaporkan atas penemuan jejak diduga kaki harimau itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Rengat.

Zulkifli, Kepala Resort Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Rengat kepada awak media membenarkan soal penemuan dugaan jejak kaki harimau. Laporan itu dia terima dari Camat Seberida. Akan tetapi pihaknya belum menurunkan tim untuk melakukan pengecekan.

"Saya sedang rapat di Pekanbaru. Saya sudah terima laporannya. Kepastiannya apakah benar itu jejak kaki harimau, nanti akan kita cek ke lokasi. Kami imbau agar warga sekitar tidak resah," kata dia.

Sementara itu, Camat Seberida Roma Doris saat dikonfirmasi mengatakan, sesaat setelah menerima laporan dari Kades Petala Bumi, Subani, pagi itu juga dia langsung menugaskan tim dari kantor Camat ke lokasi untuk mengecek kebenaran laporan tersebut.

"Awalnya saya mau turun langsung cek lokasi, namun karena diwaktu bersamaan ada acara Musrenbang di Kantor Bappeda Inhu, maka saya menugaskan tim. Setelah mengetahui kebenarannya, saya langsung menghubungi BKSDA Rengat," jelas mantan Sekretaris Diskominfo Inhu ini.

Terkait munculnya diduga jejak Harimau ini, Camat mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Seberida, khususnya Desa Petala Bumi untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan tetap beraktivitas seperti biasa.
 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index