Hadapi Corona, Dinkes Inhu Siapkan Ruang Isolasi dan Siagakan Puskesmas

Hadapi Corona, Dinkes Inhu Siapkan Ruang Isolasi dan Siagakan Puskesmas
Kadiskes Inhu, Hj Elis Julinarti DCN, M.Kes

INHU - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bersiap mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Inhu, baik sarana maupun prasarana untuk menangani maupun menanggulangi adanya korban yang terjangkit telah disiapkan. 

"Walaupun rumah sakit rujukan telah ditetapkan di Tembilahan, Dumai dan Pekanbaru, namun untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Inhu, kami telah menyiapkan ruang isolasi beserta tim tenaga medis yang diketuai oleh dokter spesialis paru bertempat di RSUD Indrasari," ujar Kepala Dinas Kesehatan Inhu, Hj Elis Julinarti DCN, M.Kes, Selasa 3 Maret 2020.

Kesiapan Dinkes Inhu dalam menghadapi penyebaran virus corona di Inhu dilakukan, mengingat keberadaan Inhu yang berdampingan dengan Inhil sebagai pintu masuk dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. 

"Dengan posisi Inhu yang berdampingan dengan Inhil sebagai pintu masuk negara tetangga, kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona terus ditingkatkan, walaupun pemeriksaan secara intensif telah dilakukan terhadap orang maupun barang dipelabuhan yang ada di Inhil. Untuk itu tim beserta sarana pendukung berupa ruang isolasi di RSUD Indrasari terus disiagakan selama 24 jam," ungkapnya. 

Selain menyiagakan tim medis dan ruang isolasi di RSUD Indrasari selama 24 jam nonstop, Dinkes Inhu juga menyiagakan Puskesmas-Puskesmas yang ada di Inhu untuk memantau setiap perkembangan kesehatan di tengah masyarakat. Serta memberikan sosialisasi tentang pentingnya peningkatan imunitas tubuh dengan pola hidup sehat. 

"Puskesmas-Puskesmas juga kita siagakan untuk memantau setiap perkembangan kesehatan ditengah masyarakat, selain itu baik baliho maupun sosialisasi secara langsung terhadap masyarakat tetap dilakukan. Agar masyarakat selalu menjaga pola hidup sehat dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun seusai beraktifitas," jelasnya. 
 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index