Koramil 05/Peranap. 0302 INHU

Bimbing Siswa-siswi Pkl Sertu Lisbon Gultom Berikan Materi Makna Pancasila

Bimbing Siswa-siswi Pkl Sertu Lisbon Gultom Berikan Materi Makna Pancasila
Tampak Sertu Lisbon Gultom Saat Memberikan Pengarahan

INHU - Membina dan mendidik siswa-siswi Praktek Kerja lapangan (PKL) SMK Negeri 01 Batang Peranap merupakan rutinitas para Babinsa dari Koramil 05/Peranap, seperti yang dilakukan seorang Babinsa asal Sumatra Utara ini, pada Jum'at 28 Februari 2020  Sertu Lisbon Gultom berikan Materi kepada 9 siswa-siswi Pkl makna Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

Sertu Lisbon Gultom dalam arahanya menjelaskan makna pancasila sebagai dasar negara ialah menjadi landasan pondasi utama, titik acuan bangsa Indonesia dalam mengatur bangsa maupun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya Pancasila dalam mengatur unsur-unsur kehidupan berbangsa dan bernegara, segala bentuk peraturan-peraturan yang ada di Indonesia harus berlandaskan pancasila.


Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah bahwa pancasila digunakan sebagai dasar atau fundamen untuk mengatur pemerintah negara, atau pun sebagai dasar untuk mengatur seluruh penyelenggaraan negara. Maka makna pancasila sebagai dasar negara bisa didefinisikan sebagai kaidah negara yang fundamental, yang artinya sebagai hukum dasar, baik itu yang tertulis atau pun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam Negara Indonesia sudah seharusnya bersumber dan ada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.

ada beberapa Fungsi Pancasila sebagai dasar Negara
diantaranya
1. Pancasila menjadi sebuah pedoman hidup bagi bangsa, supaya bisa menjadi sebuah pedoman dalam mengambil keputusan.

2. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa,
Pancasila haruslah menjadi jiwa dari bangsa Indonesia, supaya jiwa bangsa bisa terwujud dalam setiap lembaga maupun organisasi dan insan yang ada di Indonesia.

3. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa
Pancasila sebagai kepribadian bangsa, karena kepribadian bangsa Indonesia sangat penting dan juga menjadi identitas bangsa Indonesia. Oleh karena itu Pancasila harus diam dalam diri tiap pribadi bangsa Indonesia agar bisa menjadikan Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa.

4. Pancasila Sebagai Sumber Hukum
Pancasila menjadi sumber hukum dari segala hukum yang berlaku di Indonesia, atau bisa dibilang pancasila sebagai dasar negara. Jadi tidak boleh ada satu pun peraturan yang bertentangan dengan Pancasila.

5. Pancasila Sebagai Cita Cita Bangsa
Pancasila sebagai cita-cita bangsa. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia haruslah mempunyai angan-angan dengan sebuah negara yang berketuhanan yang Esa dengan rasa kemanusiaan yang tinggi, bersatu serta solid, selalu bermusyawarah dan juga munculnya keadilan sosial. Papar Sertu Lisbon Gultom

sementara itu Danramil 05/Peranap Kapten Inf Kadarisman memberikan apresiasi kepada Babinsa Telah membinah siswa-siswi mengenai Makna Pancasila, semoga Materi yang diberikan dapat diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari oleh siswa-siswi yang sedang melaksanakan PKl. ujar Danramil

Berita Lainnya

Index