Mahasiswa KKN-PPM STIE-I Up Grade Upacara Bendera dan SKJ SDN 005 Sungai Beras-Beras

Mahasiswa KKN bersama pihak SDN 005 Sei Beras-Beras


INHU - Untuk meningkatkan disiplin peserta upacara pengibaran Bendera Sang Merah Putih dan  Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) di SDN 005 Sungai Beras-Beras Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu (Inhu), mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Angkatan XIII Kelompok Desa Sungai Beras-Beras mengadakan up grading.

Ketua Kelompok Desa Sungai Beras-Beras KKN-PPM STIE-I, Denny Dwi Fitrajaya, di Posko KKN-PPM STIE-I Sungai Beras-Beras, Selasa (18/2/2020) mengatakan, melihat tata cara pelaksanaan upacara pengibaran bendera dan SKJ di SDN 005 Sungai Beras-Beras masih punya peluang untuk di up grading.

Denny yang didampingi 10 orang anggotanya, menambahkan hal tersebut merupakan hasil kesepakatan Mahasiswa KKN-PPM STIE-I Sungai Beras-Beras dengan Kepala SD 005 Sungai Beras-Beras di wakili Suminah, S.Pd. dalam kunjungan silaturrahmi kelompok KKN tersebut ke sekolah itu, pekan lalu.

Menurut Denny, dalam upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin pagi di SDN 005 Sungai Beras-Beras sudah berjalan baik, namun akan lebih baik lagi kalau dilakukan peningkatan (up grading). 

Ia menilai kapasitas peserta upacara belum mencapai kadar optimal, masih ada peluang-peluang untuk meningkatkan totalitas mereka dalam melaksanakan upacara pengibaran bendera tersebut.

Hal-hal yang dapat ditingkatkan, ujar Denny, antara lain gerakan Peraturan Baris berbaris (PBB) pasukan pengibar bendera dan petugas penaikan bendera lainnya. Selain itu sikap sempurna peserta, baik pada saat siap, hormat maupun ketika mendengarkan amanat pembina upacara maupun bubar barisan.

Peningkatan kemampuan pelaksanaan upacara bendera tersebut, lanjut mahasiswa semester V ini yang juga menjabat Wakil Presiden Mahasiswa STIE-I itu, akan dilatih langsung oleh Denny, dibantu Noerliyandi, Azhari, Riyan dan Sidik.   Denny adalah mantan Paskibra Tk. Kecamatan, ketika dia kelas 11 dan 12 di SMK Lubuk Batu Jaya tahun 2016 dan 2017.

Khusus peningkatan keterampilan SKJ, tambah Denny, akan dilakukan up grading dalam hal ketepatan gerakan senam, sehingga peserta senam terlihat bersemangat dan gerakannya tidak seperti malas-malasan. Sehingga gerakan SKJ akan memberikan dampak positif kepada anak-anak desa tersebut.

Pelatihan SKJ, lanjutnya, akan dipandu oleh Hefi Oktadariani, Sonia Astria, Dinda Prahesti, Nila Yulanda, Megawati Pratiwi dan Mitha Audelia. Mereka mahir dalam melakukan SKJ, pelaksanaannya setiap hari Sabtu pagi. 
Setelah senam dilanjutkan dengan pelatihan pasukan pengibar bendera yang diikuti kelas 3 sampai kelas 6.

Kepala SDN 005 Sungai Beras-Beras, diwakili Suminah, S.Pd, berharap kerjasama dengan mahasiswa KKN STIE ini dapat segera terwujud, sehingga kehadiran mahasiswa KKN STIE lebih bermanfaat terutama  membantu para guru untuk memberikan ilmu kepada siswa dan siswi SDN 005 Sungai Beras-Beras ini. KKN-PPM STIE-I berlangsung 20 Februari sampai dengan 17 April 2020 (ril)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar