Bupati Yopi, Kapolres dan OPD Gelar Rapat Pencegahan Karhutla di Inhu Tahun 2020

Bupati Yopi, Kapolres dan OPD Gelar Rapat Pencegahan Karhutla di Inhu Tahun 2020

INHU - Sesuai arahan Presiden Ir. H. Joko Widodo terkait karhutla. Bupati Inhu, Kapolres serta OPD terkait melaksanakan Rapat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berlangsung di ruang rapat Narasinga Kantor Bupati Inhu, Senin (10/2/2020) siang.

"Rapat Karhutla bersama kita laksanakan meneruskan intruksi Presiden Jokowi pada hasil Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2020 di Sentul International Convention Center, Bogor pada Selasa (4/1/2020) beberapa waktu yang lalu,"  ucap Boby Rachmat (Plt. Asisten 1) selaku moderator.

Sementara Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE mengatakan bahwa
Pemkab Inhu bersama TNI dan Polri serta instansi terkait harus sepakat bekerjasama dalam penanganan pencegahan Karhutla, dengan mempersiapkan sarana prasarana serta personil.

"Kita harus melakukan pencegahan sebelum terjadi permasalahan, terutama dalam kondisi menangani karhutla khususnya di wilayah Inhu" tegasnya.

Sedangkan Kapolres Inhu AKBP Efrizal, menginformasikan bahwa sudah ada sekitar 108 embung yang dibuat perusahaan di wilayah Inhu sebagai penampung air dan melakukan sosialisasi penyuluhan bahaya karhutla melalui peran Babinkamtibmas.

"Sepanjang tahun 2020 sudah ada lima lokasi kebakaran dan  tiga orang pelaku pembakaran lahan ditahan. Kita dibantu aplikasi lancang kuning untuk memonitor karhutla lewat satelit", ujarnya.

"Di Provinsi Riau sudah ada tiga kabupaten/ kota ditetapkan sebagai status Darurat Karhutla yaitu Bengkalis, Dumai, Siak," tutupnya.(nto)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index