Babinsa Desa Sungai Raya Serda Riza Efendi,Tinjau Lokasi Banjir

Babinsa Desa Sungai Raya Serda Riza Efendi,Tinjau Lokasi Banjir

INHU -- Babinsa Desa Sungai Raya Koramil 01/Rengat Serda Riza Efendi rutin memantau sejumlah titik yang terdampak banjir penyebab luapan Sungai Indragiri di wilayah Desa Sungai Raya Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Dikatakan Babinsa, hasil pemantauan dilapangan ketinggian air banjir saat ini bertahan 30 hingga 50 cm dari pemukiman masyarakat. Sedangkan Jalan lintas Rengat - Tembilahan yang  tergenang banjir dua titik dengan ketinggian air ± 30 cm diatas jalan, kondisinya sulit untuk dilalui baik itu oleh kendaraan roda 2 terlebih lagi kendaraan roda 4.

Lebih jauh Babinsa menyebutkan, arus lalu-lintas terputus akibat aliran sungai Indragiri yang meluap dan menyebabkan jalan berlubang, daerah Sungai Raya Kuala Cenaku Kabupaten Inhu.
 
Oleh karena itu, katanya lagi kami sarankan bagi para pengendara tujuan Inhu - Inhil melewati untuk jalan alternatif, dari Tembilahan  tujuan Ke Rengat - Pekanbaru bisa melewari dari simpang Rumbai Jaya, desa Sungai Gantang lurus menuju jalan lintas Samudra Kecamatan Kempas - Simpang Granit - Seberida - Belilas - Pematang Reba - Rengat.

"Sedangkan dari arah Pekanbaru - Rengat tujuan Kabupaten Inhil Tembilahan bisa melewati Simpang Pematang Reba (Tugu Patin) belok kanan - Belilas - Seberida - Simpang Granit - Jalan Lintas Samudra - Simpang Rumbai Jaya Kecamatan Kempas - Tempuling - Tembilahan," ujarnya. 

Babinsa bersama warga setempat terus memantau perkembangan di lokasi banjir yang melanda beberapa daerah terutama di jalan lintas Rengat - Tembilahan dan daerah yang rawan banjir. 

Upaya yang dilakukan Babinsa bersama warga guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginian di antaranya memberi petunjuk jalan di daerah rawan yang tergenang banjir, melaksanakan patroli di seputaran wilayah-wilayah rawan banjir, senantiasa mengingatkan warga agar selalu waspada apabila debit air naik dan pantau perkembangan debit air sungai.

" Untuk informasi terkini kondisi air luapan Sungai Indragiri masih bertahan dan belum surut, untuk menjaga kemungkinan air bertambah kembali, kita sudah imbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga," ujar Babinsa. 

Berita Lainnya

Index