Advetorial

Tahun 2019, Inhu Raih Dua Penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Pusat

Tahun 2019, Inhu Raih Dua Penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Pusat

INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu pada tahun 2019 ini berhasil meraih dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat. Kategorinya tentang proses penyelenggaraan keuangan daerah tahun 2019 yang dinilai selektif.  

Boyke David Elman Sitinjak SE MSi mengatakan bahwa penghargaan ini diraih berkat arahan dan bimbingan dari Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE.

Pencapaian dua penghargaan itu adalah maturitas penyelanggaraan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) level tiga dan prestasi dalam pencapaian kapabilitas aparat pengawas internal pemerintah (APIP) level tiga.

Menurutnya, penghargaan atas prestasi dalam pencapaian maturitas penyelanggaraan SPIP level tiga tersebut telah berhasil mengendalikan keuangan intern sesuai standar serta terimplementasi dengan baik. Ini semua terwujudkan berkad kemauan dan keinginan semua pihak dilingkungan Pemerintah Kabupaten Inhu.

Selanjutnya, sebagai tindak lanjut yang disosialisasi kepada semua pihak tentang pengelolaan keuangan atau untuk level dua. “Makanya di level tiga ini merupakan implementasi atas pelaksanaan apa yang menjadi sasaran di level satu dan level dua,” ungkapnya.

Penghargaan masing-masing level dari BPKP yang diterima Pemerintah Kabupaten Inhu mulai dari tahun 2016 lalu yakni level satu. Kemudian level dua, diterima pada tahun 2017 dan tahun 2018. Selanjutnya level tiga diterima pada tahun 2019.

Ke depan harapnya, apa yang sudah dicapai saat ini hendaknya dapat dipertahankan oleh Pemerintah Kabupaten Inhu secara umum atas apa yang sudah dilakukan saat ini. Hal ini juga sesuai dengan amanat peraturan pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kemudian untuk tahun 2020 mendatang, tentunya penghargaan yang diharapkan sudah dapat mencapai level empat yang lebih mengarah kepada pelaksanaan audit, investigasi atas permasalahan - permasalahan yang mencuat. (adv-Diskominfo Inhu)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index