2.927 Mahasiswa Terima Beasiswa Pemprov Riau

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyerahkan beasiswa tahun 2019 kepada 2.927 mahasiswa berprestasi, Tahfiz Quran dan Bidik Misi, Jumat (13/12/2019).

Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution didampingi Kepala Dinas Pendidikan Riau, Rudyanto dan para rektor perguruan tinggi di Riau.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menyebutkan beasiswa tersebut sebagai bentuk perhatian Pemprov Riau memperhatikan program pendidikan untuk kemajuan suatu daerah ke depannya.

"Kita juga sudah menggratiskan program belajar 12 tahun, tentunya harapan kita pada tahun 2020 tidak ada lagi anak yang putus sekolah maupun kuliah," ucap Edy.

Dia mengatakan, beasiswa ini merupakan keinginan semua masyarakat luas Riau untuk bisa meningkatkan kualitas SDM ke depannya.

"Pemprov Riau melalui Dinas Pendidikan sudah menyalurkan beasiswa dari tahun 2014. Pada tahun 2019 Pemprov Riau telah memberikan 2.927 mahasiswa Riau baik dari dalam daerah maupun luar daerah," jelasnya.

Dengan adanya beasiswa ini, Edy Natar berharap bisa menghasilkam SDM yang berkualitas, unggul dan dapat bersaing oleh provinsi lain.

"Mari kita tingkatkan pendidikan di Riau agar dapat terus berkembang dimasa yang akan datang," ajaknya di hadapan ratusan mahasiswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Rudyanto dalam laporannya menyampaikan, jumlah mahasiswa penerima beasiswa pada perguruan tinggi dalam dan luar provinsi Riau 2.927 orang, dengan total anggaran sebesar Rp29,6 miliar yang dialokasikan di APBD 2019.

Dia mengatakan, beasiswa tersebut diberikan kepada universitas telah bekerjasama dengan Pemprov Riau, terdiri dari Universitas Riau, Universitas Islam Riau, UIN Suska Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadiyah Riau, Politeknik Caltex Riau, dan Akademi Kesenian Melayu Riau.

Selain itu, ada juga Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

"Mahasiswa yang menerima beasiswa ada tiga bentuk yang diberikan Pemprov Riau yaitu beasiswa berprestasi, bidikmisi, dan tahfidz quran secara simbolis," katanya.

Rudyanto berharap dengan penyerahan beasiswa ini diharapkan meningkatkan kualitas SDM yang andal, meningkatkan prestasi mahasiswa yang berprestasi.

"Beasiswa ini juga kita harapkan dapat mengurangi jumlah mahasiswa prestasi yang putus kuliah karena persoalan biaya," harapnya.

Berikut rincian mahasiswa di perguruan tinggi di dalam Riau yang terima beasiswa Pemprov Riau: Universitas Riau 562 orang, UIN Suska Riau 502 orang, UIR 631 orang, Unilak 922 orang, Universitas Muhammadiyah Riau 174 orang, Politeknik Caltex Riau 125 orang, Akademi Kesenian Kesenian Melayu Riau 11 orang.

Kemudian mahasiswa di perguruan tinggi di luar Riau yang terima beasiswa Pemprov Riau: UI 29 orang, ITB 65 orang, UGM 91 orang, UB 43 orang, dan ITS 26 orang.




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar