Advetorial

Kabupaten Inhu Kaya Akan Ragam Budaya dan Destinasi Wisata

Kabupaten Inhu Kaya Akan Ragam Budaya dan Destinasi Wisata

KABUPATEN Indragiri Hulu dikenal kaya akan ragam budaya dan obyek kepariwisataannya. Memiliki luas wilayah mencapai 8.198,26 km² dengan jumlah penduduk mencapai 425 ribu jiwa lebih.  Kabupaten Indragiri Hulu merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang memiliki sejarah yang luar biasa, oleh karenanya Indragiri Hulu dijuluki Negeri Bersejarah.

Selain memiliki banyak sejarah, di Kabupaten Inhu juga  banyak terdapat objek atau destinasi wisata alam yang tidak kalah elok dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Salah satunya masih terdapat peninggalan Kerajaan Indragiri dan beberapa danau yang berkaitan dengan kejayaan kerajaan melayu pada zaman dahulu, sehingga kabupaten ini banyak dijadikan tujuan wisata.

Saharan Sepur, staf Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batu Sangkar untuk wilayah Sumbar Riau Kepri menyampaikan bahwa Indragiri Hulu merupakan negeri yang memiliki 107 peninggalan sejarah semenjak jaman kerajaan. 

Saharan mengungkapkan bahwa hampir di setiap kecamatan di Kabupaten Inhu memiliki lokasi wisata sejarah. Beberapa kecamatan yang paling banyak ditemui potensi wisata sejarahnya terdapat di Kecamatan Kuala Cenaku, Kecamatan Rengat, Kecamatan Rengat Barat, dan Kecamatan Seberida.

Upaya Pemerintah Kabupaten Inhu dibawah kepemimpinan Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE untuk memajukan kepariwisataan terus dilakukan, salah satunya menggelar berbagai event, baik skala lokal, provinsi, maupun nasional di lokasi obyek wisata.

Seiring dengan perkembanganya, jumlah obyek wisata Inhu terus bertambah dan diminati para wisatawan baik lokal maupun luar. Dan ini tidak terlepas peran Pemerintah Daerah yang terus membenahi pembangunan dibidang kepariwisataan dengan terus meningkatkan dan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Adapun destinasi wisata di Kabupaten Inhu antara lain:

1. Danau Raja

Danau Raja adalah salah satu tempat wisata di Kota Rengat, Tempat ini dulu sebuah danau tempat pemandian keluarga Istana Indragiri yang dikenal penduduk setempat dengan nama Danau Raja. Tidak jauh dari danau ini terdapat replika Istana Kerajaan Indragiri yang konon ceritanya Istana asli kerajaan tersebut telah berada di tengah sungai Indragiri.

Lokasi  Danau Raja ini berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Rengat, bagi Anda yang datang jauh dari luar kota dan perlu untuk bermalam, di depan area tempat wisata ini juga terdapat sebuah hotel yang dapat dijadikan sebagai tempat bermalam bagi wisatawan dengan fasilitas yang memadai. 

2. Situs Cagar Budaya Indragiri Hulu

Situs Cagar Budaya Komplek Pemakaman Raja-Raja Indragiri merupakan salah satu tempat wisata sejarah di kabupaten Indragiri Hulu tepatnya berada di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, lokasi terletak sekitar 45 Km dari kota Rengat. 

Komplek ini merupakan salah satu dari sekian banyak Komplek Pemakaman Raja Indragiri yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Indragiri Hulu. Di Komplek Pemakaman Raja -Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Indragiri beserta Keluarga dan Pengikutnya.

Komplek disekitar makam Raja-raja Indragiri di Desa Kotalama memang dikenal dahulunya sebagai pusat pemerintahan kerajaan Melayu tertua di Indragiri. Sebagai bukti, persis di depan Komplek Makam Raja – Raja Indragiri di Desa Kota Lama, terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Meduyan. 

3. Tugu 5 Januari

Tugu 5 januari dibangun untuk mengenang peristiwa Rengat bersejarah, yang terjadi pada tanggal 5 Januari 1949 oleh agresi militer Belanda II. Peristiwa yang menewaskan lebih dari 2.600 jiwa dan di buang ke Sungai Indragiri yang salah satunya adalah orang tua kandung penyair terkenal Chairil Anwar yang kala itu menjabat sebagai Bupati Indragiri.

Setiap tahun pada tanggal 5 Januari di kota Rengat selalu digelar acara untuk mengenang kembali hari bersejarah bagi masyarakat kota Rengat tersebut. Tugu ini berada di pinggir sungai Indragiri, tepatnya persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu, jalan A Yani Rengat.

4. Danau Meduyan

Danau Meduyan adalah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi yang berada di Desa Kota Lama, tepatnya didepan Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri.

Kondisi Danau Menduyan yang sudah dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata, sehingga fasilitas disekitar danau kini sudah memadai. 

5. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Batang Gansal. Taman Nasional seluas 143 hektar ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orang utan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung serta binatang langka lainnya.

Dilokasi ini juga terdapat air terjun yang berada di antara pepohonan hutan yang rindang, hal tersebut banyak menarik wisatawan untuk berwisata di TNBT, saat anda berada ditempat ini anda dapat mendengar suara-suara khas binatang hutan tropis, serta udara yang masih segar dan alami. Di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga terdapat tempat tinggal bagi suku asli Talang Mamak. 

Selain itu juga tempat menarik lainnya ada Tugu Julang, Mesjid Raya Pauh Peranap, Sungai Batang Gansal, Mesjid Raya Rengat.

Kemudian Kabupaten Inhu yang berada di pinggir atau punggung Bukit Barisan, maka Inhu juga terdapat banyak air terjun, antara lain, Air Terjun Denalo di Batang Cenaku, Air Terjun Tangga Raja di Kecamatan Batang Cenaku, Air Terjun Tembulun Berasap terletak di Area PT. Arvena, Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku.

Selanjutnya, Air Terjun Air Itam di Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku, Air Terjun Sultan Limbayang di Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Tualang di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Granit di Desa Talang Lakat, Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Papunauan di Dusun Lemang, Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal, Air Terjun Bukit Aseng di Desa Kelesa, Kecamatan Seberida. Menurut info terakhir bahwa Air Terjun Aseng ini berganti nama menjadi Air Terjun Siambul.

Di Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, selain banyak terdapat air terjun juga terdapat  peninggalan Megalithikum berupa Dolmen. Dolmen merupakan bangunan megalithik yang memiliki banyak bentuk dan fungsi, sebagai pelinggih roh atau tempat sesaji pada saat upacara. Selain itu juga terdapat goa misalnya Goa Anak Talang di Lubuk Kandis Desa Anak Talang.

Kemudian, untuk wisata kolam renang juga sudah banyak di Inhu, diantaranya untuk di Kecamatan Rengat ada Istana Water Park Rengat di Kelurahan Sekip Hulu dan kolam renang Danau Raja yang terletak dibelakang hotel Danau Raja.

Di Kecamatan Sei Lala juga ada  Citra Water Park dan Crocolitere Water Park di Desa Perkebunan Sei Lala. Dan di Kecamatan Seberida ada kolam renang Alif Adam di Belilas dan Kolam Renang di Wahana Wisata Belilas.

Inhu Kaya Akan Budaya

Salah satu kekayaan seni budaya masyarakat Indragiri Hulu adalah Tari Rentak Bulian yang sangat kental dengan suasana dan unsur magis. Tarian Rentak Bulian merupakan tarian ritual untuk pengobatan, dimana kata Rentak Bulian diambil dari Kata Rentak dan Bulian. Rentak yang maksudnya merentak atau langkah atau menghentak, dan Bulian adalah sejenis rumah-rumahan atau pondok kecil untuk tempat ritual yang berguna sebagai tempat singgah mahluk bunian atau mahluk halus dalam bahasa daerah Indragiri Hulu.

Selain itu, Inhu juga terkenal dengan kesenian tradisional yang mendunia, bahkan sudah pernah tampil dibeberapa Negara tetangga.

Kesenian tradisional asli Inhu tersebut diantaranya tari Lukah Gile, tarian yang mengandung mistis ini pernah tampil di Jepang, Malaysia, Singapura dan negara lainnya.

Untuk saat ini, sudah banyak yang mengetahui destinasi wisata serta kekayaan budaya Inhu, mulai masyarakat lokal maupun mancanegara setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu, dibawah kepemimpinan Bupati Inhu, H Yopi Arianto, SE terus berinovasi dan berusaha secara maksimal dengan berbagai program untuk mempopulerkan semua destinasi wisata dan kekayaan budaya asli Inhu ditingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional. (Advetorial Diskominfo Inhu)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index