Antisipasi Karhutla 2020, Polres Inhu Dan Masyarakat Bersihkan Kanal, Parit Serta Sumur Bor

Personel Polres Inhu dan masyarakat Rawa Asri bersihkan salah satu sumur bor

INHU - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Inhu bersama masyarakat Kecamatan Kuala Cenaku, Sabtu (7/12/2019) pagi membersihkan kanal, parit dan sumur bor yang menjadi sumber air untuk pemadaman Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla).

Kegiatan tersebut diikuti 25 personel Polres Inhu yang dipimpin  Kabag Perencanaan (Kabag Ren) Polres Inhu, Kompol Suryadi Ningrat dan puluhan perangkat serta masyarat Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku.

Kapolres Inhu, AKBP Efrizal, S.IK melaui PS Paur Humas Polres Inhu, Aipda Misran menjelaskan, Sabtu pagi, puluhan Polres Inhu berangkat dari Mapolres Inhu menuju Desa Rawa Asri.

Sesampainya disana, disambut oleh Kepala Desa Rawa Asri, Bejo bersama perangkat Desa dan masyarakat setempat, kemudian langsung menuju lokasi parit, kanal dan sumur bor yang memang dibangun sebagai sumber air bersih untuk penanganan Karhutla diwilayah tersebut.

Untuk Desa Rawa Asri, lanjut Misran, ada sekitar 50 unit sumur bor yang sudah dibangun.
Semua sumur dibersihkan agar volume air tetap terjaga dan yang lebih penting, sumur bor tersebut harus selalu bersih dari rumput atau semak belukar yang dapat menghambat pengambilan air ketika terjadi Karhutla.

Selain sumur bor, juga dibersihkan parit atau kanal yang ada didaerah itu dengan menggunakan alat berat.

Kegiatan dilaksanakan sampai lepas tengah hari, namun untuk pembersihan kanal dengan alat sampai saat ini masih berlangsung, karena kanal dan parit cukup panjang.

"Masalah Karhutla merupakan tanggung jawab kita semua, kita harus saling bahu membahu dan kita berharap tahun 2020 mendatang tidak lagi titik api serta asap diwilayah Inhu," ucap Kapolres yang disampaikan PS Paur Humas (ril)





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar