Meranti Mengundurkan Diri, Inhu dan Pelalawan Kandidat Tuan Rumah MTQ Riau 2020

Meranti Mengundurkan Diri, Inhu dan Pelalawan Kandidat Tuan Rumah MTQ Riau 2020
Ahmad Syah Harrofie

INHU - Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Pelalawan digadang menjadi kandidat tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau tahun 2020 mendatang.

Dua Kabupaten ini diusulkan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Riau, setelah Kabupaten Kepulauan Meranti mengajukan pengunduran diri dan tidak bersedia menjadi tuan rumah MTQ 2020, karena persoalan infrastruktur yang tidak mendukung.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, Jumat (6/12) mengungkapkan, seharusnya tuan rumah MTQ Riau tahun depan merupakan giliran Kabupaten Kepulauan Meranti. Namun karena persoalan infrastruktur kapal roro menuju Meranti yang tidak beroperasi karena rusak, maka ini menjadi pertimbangan Meranti untuk mengundurkan diri. Meranti sudah menyampaikan usulan kepada Gubernur Riau untuk tidak dulu ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ Riau.

"Semula tuan rumah MTQ Riau 2020 adalah Kabupaten Kepulauan Meranti. Tapi karena ada masalah infrastruktur yang belum siap, jadi untuk tahun ini Meranti belum bersedia menjadi tuan rumah. Tahun 2021 mendatang Meranti kita masukkan sebagai nominasi tuan rumah MTQ Riau bersama Rokan Hilir," ujarnya.

Sementara dua kabupaten yang masuk nominasi untuk menjadi tuah rumah MTQ Riau 2020, sudah memenuhi persyaratan. Salah satunya adalah tahun terakhir menjadi tuan rumah MTQ Riau itu tahun 2007 untuk Pelalawan, dan Inhu menjadi tuan rumah pada 2009.

Namun untuk memutuskan satu dari dua daerah yang diusulkan tersebut menjadi tuan rumah MTQ Riau tahun 2020 tersebut, nantinya akan ditentukan melalui rapat kerja LPTQ.

"Tapi kalau dilihat dari sisi kesiapan, keduanya sudah siap. Jadi siapapun nanti yang ditunjuk menjadi tuan rumah MTQ 2020 sudah tidak ada masalah lagi. Karena dua daerah ini memang sudah siap," sebut Ahmad Syah.

Seperti diketahui, MTQ tingkat Provinsi Riau digelar setiap setahun sekali. Tahun 2019 ini, MTQ Riau dilaksanakan di Bangkinang, Kabupaten Kampar, dan secara resmi ditutup pada 30 November lalu. ***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index