Awal 2020 Prediksi Dilanda Kemarau, Pemkab Inhu Gelar Rakor Cegah Karhutla

Awal 2020 Prediksi Dilanda Kemarau, Pemkab Inhu Gelar Rakor Cegah Karhutla

INHU - Provinsi Riau tidak luput dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta bencana kabut asap hampir setiap tahunnya. Tidak terkecuali Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Meskipun demikian, Pemkab Inhu terus menunjukkan komitmennya dengan melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Stake Holder terkait dan Perusahaan Perkebunan di Auditorium Yopi Arianto  Lantai 4 Kantor Bupati Inhu, Selasa (3/12/2019). Rapat Koordinasi kali ini membahas terkait langkah-langkah pencegahan Karhutla di Inhu untuk tahun 2020.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Inhu H. Khairizal, SE, M.Si. Turut hadir pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Ir H. Hendrizal, M.Si, Dandim 03/02 Inhu, dan Kapolres Inhu. 

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini karena adanya prediksi musim kekeringan yang akan melanda Indonesia pada bulan Januari dan Februari. Oleh sebab itu dilaksanakan Rapat Koordinasi ini untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Kami juga minta kepala KPBD agar dapat berkoordinasi dengan Camat, Kepolisian serta TNI untuk mengantisipasi banjir. Hal ini mengingat curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir yang menyebabkan meningkatnya debet air sungai," kata Khairizal.

Ekspos pertama disampaikan oleh Dandim 03/02 Inhu Letkol Arh Hendra Roza. "Perlu saya tekankan karhutla di Inhu hampir seluruhnya karena ulah manusia baik disengaja ataupun tidak, untuk itu perlu dibentuk satgas gabungan karhutla," " ujar Hendra Roza. 

Hendra berharap pada tahun 2020 karhutla dapat kita tekan.

Ada berbagai macam kendala yan umumnya ditemui dilapangan seperti minimnya sarana prasarana baik milik perusahaan maupun pemerintah. Kendala berikutnya adalah embung yang berada ditiap-tiap lokasi kebakaran sudah dangkal serta kurangnya kesadaran masyarakat dan koordinasi diantara pemerintah dan perusahaan.

Pemaparan selanjutnya disampaikan Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.IK. 

Efrizal mengajak seluruh pemangku kepentingan termasuk perusahaan agar bersama-sama melakukan pencegahan contohnya berupa patroli bersama. 

"Polres Inhu sudah memproses 5 perkara terkait karhutla" ujar Efrizal dalam pemaparannya. Langkah-langkah pencegahan yang telah dilakukan seperti mapping hotspot, sosialisasi serta pemberdayaan kepada masyarakat, dan koordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori langsung oleh Wakil Bupati Inhu Khairizal. Diskusi berlangsung hangat. Timbul berbagai macam pertanyaan maupun keluhan dan saran baik dari pemerintah, perusahaan, maupun pihak terkait lainnya. 

Dengan dilaksanakannya diskusi ini diharapkan ada pemecahan masalah yang dapat membantu mencegah Karhutla di Kabupaten Indragiri Hulu kedepannya.(ind)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index