Penanganan dan pencegahan Karhutla

Polres Inhu Gelar Pelatihan Pembuatan Skat Kanal Blocking di Desa Rawa Bangun

Polres Inhu Gelar Pelatihan Pembuatan Skat Kanal Blocking di Desa Rawa Bangun

INHU – Dalam rangka penanganan dan pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten lndragiri Hulu (Inhu) menggelar pelatihan pembuatan kanal blocking, di wilayah hukum Polres Inhu, Jumat (29/11/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan sekira pukul 14.15 WIB di Jalan Poros Desa Rawa Bangun, Kecamatan Rengat guna melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.Ik yang di dampingi Kabag Ops Polres Inhu Kompol Ahmad Salmi, Kasat Binmas Akp Buha Siahaan, Kasat Lantas Polres Inhu AKP Oka Mahendra Syahrial SE, S.Ik, MM, Kasat Sabhara Polres Inhu AKP Hendri S.Sos, MH, Kasat Tahti Iptu A. Damanik, Kasi Propam IPTU P. Daulai beserta peserta pelatihan sebanyak 80 personil Polres Inhu.

Kapolres lnhu AKBP Efrizal S.lk melalui Ps Paur Humas AIPDA Misran mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan ini guna meningkatkan kemampuan Personil Polres Inhu terutama Bhabinkamtibmas dalam pencegahan dan penanganan Karhutla.

Selain itu, agar Personil Polres Inhu khususnya Bhabinkamtibmas mampu membuat Kanal Blocking di desa binaan Bhabinkamtibmas tersebut untuk mencegah terjadinya Karhutla khusus di lahan gambut.

“Kanal Bloking ini berguna untuk menjaga agar ketersediaan air selalu ada, apabila terjadi Karhutla pada musim kemarau,” ujarnya.

Selain untuk menjaga ketersediaan air pada musim kemarau, Kanal Blocking ini berguna agar Lahan Gambut tetap Basah sehingga Lahan Gambut tersebut tetap menyimpan persediaan air.

“Karna Lahan Gambut yang kering sangat rawan terbakar pada saat musim kemarau,” terangnya.

Adapun material yang digunakan dalam kesempatan tersebut adalah 5 kubik pasir dan 30 batang kayu cerocok.

"Selama kegiatan berlangsung situasi berada dalam keadaan aman dan terkendali," tutup Misran.

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index