Dinas PMD Inhu Gelar Pelatihan Operator Prodeskel

Dinas PMD Inhu Gelar Pelatihan Operator Prodeskel

INHU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat menggelar pelatihan Operator desa di Kecamatan Singaparna diberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel), 10 Juli 2019.

Dalam kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Plt Kadis PMD Inhu, Selamat S.Sos. Hadir sebagai narasumber, Andryco S.STP, M.Si Kasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Dinas PMD Provinsi Riau dan Afrizal ST Anggota Pokja Profil Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau.

Kasi Evaluasi Desa dan Kelurahan  Dinas PMD Inhu, Muhammad Alpian S.IP mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada para operator desa tentang prodeskel. Sehingga, operator desa ini bisa menjalankannya dengan benar.
 
Nantinya, kata Alpian, profil desa ini bisa langsung akses dengan pemerintah pusat, itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

“Sistem informasi profil desa ini sebagai sumber data bagi pemerintah pusat, dalam menentukan dasar perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan untuk daerah,” ujarnya.

Mantan Sekcam Kuala Cenaku ini menegaskan, profil desa ini harus diisi dengan data yang akurat di desa. Mulai dari potensi dan perkembangan desa. Sehingga, kebijakan pemerintah pusat untuk daerah bisa sesuai dengan aspirasi dan kondisi sebenarnya.

“Makanya, data yang dimasukan harus benar-benar akurat. Pelatihan ini mengarahkan operator desa untuk mengisi data yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah pusat,” paparnya.(adv)

Berita Lainnya

Index