Kadis PMD Ingatkan Perangkat Desa Wajib Melek Internet

Kadis PMD Ingatkan Perangkat Desa Wajib Melek Internet
Plt Kadis PMD Inhu, Selamet S.Sos

INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah mencatat bahwa keseluruhan Kantor Desa di 178 Desa yang ada di Kabupaten Inhu masih banyak yang belum terkoneksi internet.

Hal tersebut dikatakan Plt Kadis PMD Inhu, Selamet S.Sos  saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 22 Oktober 2019.

Dikatakannya juga bahwa koneksi internet sebenarnya merupakan salah satu kebutuhan untuk mendukung pembangunan desa di tengah-tengah era global dan digital saat ini. Utamanya dalam penyampaian informasi dan sosialisasi serta pelaporan keuangan oleh setiap perangkat desa.

”Dihimbau bagi Kantor Desa yang belum memiliki fasilitas internet, agar kiranya dapat dipikirkan," sebutnya.

Lebih jauh Selamet menyampaikan, bahwa pihaknya menginginkan setiap desa hendaknya mampu berlomba memajukan desanya dengan menyampaikan data dan informasi dengan benar dan akurat.

“Saat ini kita mengharapkan agar setiap desa mungkin mampu menampilkan profil desa melalui website . Nantinya ada potensi-potensi desa yang bisa ditampilkan,” ungkapnya.

Kemudian apa yang menjadi program desa dipaparkan diprofil desa, termasuk bentuk pelayanan publik lainnya.

“Produk-produk unggulan desa bisa diupload ke website, sekarang jamannya serba canggih, jadi harus melek teknologi,” sarannya.

Dirinya mencontohkan pada bidang usaha masyarakat seperti perikanan, pertanian, kerajinan, dan lainnya yang bisa disajikan. Selain itu, dia menambahkan, potensi desa dan usaha masyarakat yang mulai banyak dilirik orang seperti kerajinan desa.

“Siapa tahu ada yang berminat investasi di sana (desa), karenanya setiap informasi yang disampaikan di website desa harus benar-benar akurat,” tambahnya. (adv)

Berita Lainnya

Index