Kekeringan, Pemkab Inhu Distribusikan Air Bersih di Kecamatan Batang Cenaku

Kekeringan, Pemkab Inhu Distribusikan Air Bersih di Kecamatan Batang Cenaku
Penyaluran air bersih di kecamatan Batang Cenaku

INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Indra mendistribusikan air bersih untuk warga di sejumlah desa di kecamatan Batang Cenaku yang terdampak kekeringan, Selasa 24 September 2019.

Distribusi air bersih tersebut sebagai respons cepat pemerintah daerah atas keluhan masyarakat, yang sejak beberapa waktu terakhir mengalami kekeringan akibat kemarau.

"Sejak beberapa waktu yang lalu, kita salurkan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan. Untuk hari ini kita salurkan di kecamatan Batang Cenaku," kata Bupati Inhu, H. Yopi Arianto SE kepada RiauKarya.com, Selasa 24 September 2019.

Menurutnya, bantuan air bersih ke desa-desa yang dilanda kekeringan ini, sebagai bentuk pelayanan dan kepedulian Pemkab Inhu.

Bupati termuda di Riau ini menyampaikan, untuk mempermudah akses distribusi air ke masyarakat, ditentukan titik distribusi dan nantinya masyarakat berkumpul di satu tempat untuk mengambil air sesuai kebutuhannya.

"Untuk mempermudah distribusi, kita tentukan titik distribusinya, nanti masyarakat berkumpul disatu titik tersebut untuk mendapatkan air," ujarnya.

Bupati yang hoby ngetrail ini juga menegaskan, apabila ada warga yang membutuhkan air bersih, dipersilahkan untuk langsung menghubunginya di nomor 08127579000.

"Saya berharap bantuan air bersih digunakan untuk keperluan sehari-hari, bukan untuk menyirami tanaman atau yang lainnya," harap Bupati Yopi.

Sikap responsif pemerintah kabupaten Inhu ini mendapat apresiasi dari masyarakat, yang selama beberapa waktu ini menghadapi kelangkaan mendapatkan air bersih.

Mereka mengatakan, sumur-sumur warga di sejumlah desa di kecamatan Batang Cenaku tersebut saat ini sudah mulai kering dan tidak mengeluarkan air lagi.

"Langkah sigap pemkab dalam membantu air bersih kami apresiasi, dan kami warga desa sangat berterima kasih karena distribusi air bersih ini sangat membantu kami," ujar Roni Afriyanto, warga Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index