Upaya Massive Penanganan Karhutla di Wilayah Koramil 01/Rengat

Upaya Massive Penanganan Karhutla di Wilayah Koramil 01/Rengat

INHU - Koramil 01/Rengat mempunyai luas wilayah teritorial di tiga kecamatan yaitu kecamatan Rengat, Rengat Barat dan Kuala Cenaku.

Hari ini, Sabtu 21 September 2019,  seluruh anggota Koramil 01/Rengat ditambah personil BKO melaksanakan pemadaman titik asap yang tersebar di 7 lokasi Karhutla yaitu :

1.  Kecamatan Rengat terdapat tiga lokasi tepatnya di Desa Sungai Guntung Hilir, Dusun Rawa Jadi  Kelurahan Sekip Hilir dan Dusun Rawa Makmur Kelurahan Sekip Hilir. 

2. Kecamatan Rengat Barat ada tiga lokasi yaitu  Desa Alang Kepayang dan Desa Talang jerinjing RT. 01 RW. 02 dan RT. 02 RW. 02 Dusun 5.

3.  Kecamatan Kuala Cenaku tepatnha di Desa Pulau Gelang dan Desa Sukajadi yang saat ini api sudah padam namun Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP selaku Komandan Sub Satgas Inhu/Kuansing tetap menempatkan 10 orang personel Sat BKO untuk melaksanakan pemantauan wilayah yang dianggap rawan Karhutla yang mencakup Desa Pulau Gelang, Pulau Jumat, dan Desa Sukajadi.
 
Danramil 01/Rengat, Kapten Inf Legimin menjelaskan bahwa wilayah Koramil 01/Rengat merupakan wilayah yang 80 persen lahan gambut dan sangat rawan terhadap karhutla.
 
Pada musim kemarau 2019 ini seluruh personil Koramil 01/Rengat dengan jumlah 51 orang ditambah 40 orang personel BKO Yonif 131/Braja Sakti dan 10 orang personel BKO Yon Arhanudse 13/Belibis bersama unsur Porkpimcam, BPBD, Manggala Agni serta MPA telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengatasi bencana kebakaran secara masif, baik itu penindakan maupun sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat.
 
“Secara umum kebakaran yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Koramil 01/Rengat dapat terkendali. Dari beberapa titik yang ada secara umum titik api sudah padam hanya menyisakan titik asap tipis, ini semua berkat kerjasama yang baik dengan semua unsur yang ada," terang Danramil.
      
Saat ini Tim gabungan terus melaksanakan pendinginan titik asap yang masih tersebar dibeberapa lokasi untuk melokalisir penjalaran dan dampak asap yang masih terasa.

Dalam kesempatan ini Danramil 01/Rengat mengajak dan menghimbau kepada kita semua ntuk mencegah terjadinya Karhutla, bahwa pelaku pembakar baik perorangan maupun Korporasi adalah musuh bersama.

"Bagi warga yang terkena penyakit akibat kabut asap Kodim 0302/Inhu telah menyediakan tempat berobat secara gratis di "Rumah Singgah" Kodim 0302/Inhu yang bertempat di Rengat posko kesehatan Kodim 0302/Inhu, waktu berobat mulai pagi hari pukul 08.00 WIB sampai dengan malam hari pukul 22.00 WIB.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index