Kodim 0302 Inhu Sediakan Rumah Singgah Berobat Gratis Bagi Korban Asap Karhutla

Kodim 0302 Inhu Sediakan Rumah Singgah Berobat Gratis Bagi Korban Asap Karhutla

INHU - Berjibakunya Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0302 Indragiri hulu (Inhu) Riau, memadamkan titik api dilahan dan hutan yang terbakar, tidak cukup sampai disitu. Rumah singgah untuk merawat korban asap juga didirikan oleh TNI di Inhu.

Dandim 0302 Inhu, Letkol Arh Hendra Roza Sip, yang juga Dansatgas Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) Inhu-Kuansing, kepada wartawan Sabtu 21 September 2019 menjelaskan bahwa dalam posko kesehatan pelayanan korban kabut asap di Inhu diberikan pengobatan gratis di "Rumah singgah" Kodim 0302 Inhu, tepatnya di jalan A Yani nomor 51 Rengat.

"Kita layani masyarakat berobat gratis, dan mensiagakan dokter jaga di rumah singgah Kodim untuk pertolongan pertama pemulihan kesehatan masyarakat akibat Karhutla, kita sediakan oksigen dan paralatan medis pendukung lainya," kata Dandim Hendra di Rengat.

Letkol Hendra juga menjelaskan, rumah singgah yang dibuat Kodim 0302 Inhu merupakan kesiapsiagaan TNI dalam rangka penanggulangan penyakit akibat kabut asap Karhutla di Inhu serta rumah singgah dibuka untuk masyarakat umum.

Tidak hanya di Rengat, Dandim Hendra juga menyarankan agar masyarakat di setiap desa yang jauh ke rumah singgah Kodim di Rengat , masyarakat bisa berobat di posko-posko kesehatan seperti puskesmas setempat yang disediakan pemerintah. 

"Tim kesehatan Kodim menyediakan oksigen dan pembagian masker kepada pasien," jelasnya.

"Kalau pasien mengalami penyakit dampak asap yang cukup serius, kita segera rujuk ke rumah sakit terdekat," tegas Dandim Hendra seraya menjelaskan, rumah singgah yang dioperasikan Kodim 0302 Inhu, akan beroperasi sampai batas waktu yang tidak ditentukan selama kabut asap masih ada. ***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index