Cegah Stunting, TPID Kecamatan Batang Gansal Gelar Pelatihan PSDM

Cegah Stunting, TPID Kecamatan Batang Gansal Gelar Pelatihan PSDM

INHU - Mencegah stunting, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu menggelar pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Rabu 18 September 2019 bertempat di Aula Kantor Camat.

Dalam acara tersebut dibuka secara langsung oleh  Camat Batang Gansal, H. Elinaryon, dan diikuti oleh  kader pembangunan manusia serta perangkat desa se Kecamatan Batang Gansal.

Ketua TPID Batang Gansal,  Andriwanto menjelaskan bahwa kegiatan ini fokus pada pelatihan kader pembangunan masyarakat terkait pencegahan stunting yang menjadi fokus nasional. 

TPID memfasilitasi dan menggerakan elemen masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemberdayaan di desa masing-masing.

Kegiatan pelatihan ini, lanjutnya, juga serangkaian rencana kerja tindak lanjut dari Program Inovasi Desa di Kecamatan Batang Gansal. 

“Tujuan terpentingnya adalah pencegahan stunting.Sesuatu yang sangat penting kita laksanakan agar nantinya kita dapat mewujudkan generasi sehat cerdas (GSC) yang merupakan modal dasar bagi desa-desa dalam kerja desa membangun,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memahami dan menyadari tentang bahaya stunting, melaksanakan peran serta memfasilitasi pengorganisasian pelaku konvergensi pencegahan stunting dan mampu menyusun rencana kerja KPM.

Karenanya, selama pelaksanaan acara, peserta dibekali dengan beragam materi yang disampaikan nara sumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Inhu, Dinas Kesehatan, serta P3MD.

Sementara itu, Camat Batang Gansal, H. Elinaryon memberikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan PSDM yang diadakan TPID  Kecamatan Batang Gansal.

Menurutnya, target kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap kebutuhan sosial dasar masyarakat. Selain itu, menjadi komitmen bersama memastikan kecukupan gizi anak.

Mengembangkan ilmu untuk mendukung anak tumbuh aktif dan sehat. 

“Khususnya di bidang kesehatan, pemenuhan gizi, pola hidup sehat, lingkungan sosial yang sehat, sehingga kasus-kasus stunting dapat di minimalisir,” tuturnya.

Mantan Camat Kuala Cenaku ini juga berharap setelah kegiatan pelatihan ini ada sebuah perubahan di setiap desa yang ada di Kecamatan Batang Gansal.

“Hasil-hasil pelatihan ini dapat diimplementasikan dalam kebijakan di setiap desa. Semoga pada tahun 2020, program pencegahan stunting dapat dianggarkan dalam APBDes oleh masing-masing pemerintah desa,” pungkasnya.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index