Dinas Kesehatan Inhu Bentuk Pokja Kesling Desa Selunak

Dinas Kesehatan Inhu Bentuk Pokja Kesling Desa Selunak
Beginilah suasana acara pembentukan Pokja Kesling di Desa Selunak

INHU - Pembentukan kelompok kerja kesehatan lingkungan (POKJA KESLING) untuk desa Selunak langsung di pandu oleh Dinas Kesehatan Inhu di GOR desa Selunak, Selasa (27/8/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi kesling Kesehatan Inhu, plt kepala Puskesmas Batang Peranap, Pj kades Selunak, perangkat desa dan ibu PKK desa Selunak.

Kasi Kesling dinas kesehatan Inhu, Harianto M.Si mengatakan tingkat desa yang memiliki standar untuk mendukung kabupaten yang sehat adalah desa yang telah melalui tahap yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan.

"Desa yang mendukung kabupaten yang sehat yaitu di desa itu ada dilihat dari kesehatan air, ada jamban dan pengelolaan sampah dengan baik," ujar Harianto MSi.

Harianto menambahkan, untuk mengejar target desa yang mendukung kabupaten sehat maka terlebih dahulu akan di bentuk kelompok kerja kesehatan lingkungan (POKJA KESLING).

"Di desa Selunak kita sudah menilai di lapangan ada standar yang telah dilewati, maka kita akan bentuk POKJA KESLING," sebutnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Selunak, Benny Aperta SE mengatakan di desa Selunak, kesehatan masyarakat merupakan salah satu program yang telah dimasukkan dalam program pembangunan desa.

"Dalam kesempatan ini adalah kesempatan yang baik untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, maka dibentuknya POKJA KESLING sangat bagus sekali," ujar Beny Aperta SE. 

Sebelumnya Lionita S.Kep, Plt Kepala Puskesmas Batang Peranap dalam sambutannya mengatakan di Kecamatan Batang Peranap ditargetkan desa yang total memiliki standar Sanitasi yang mengarahkan kepada kesehatan yang totalitas.

"Desa yang memiliki sanitasi yang totalitas adalah seperti desa yang masyarakatnya sudah memiliki jamban, adapun yang belum tergolong masyarakat yang tidak memiliki kesadaran kesehatan adalah masyarakat yang tidak memiliki jamban contohnya," terang Lionita S.Kep.(Asri)

#Desa

Index

Berita Lainnya

Index