80 Orang Anggota Linmas Kelurahan Pangkalan Kasai Ikuti Pelatihan

INHU - Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida menggelar acara pelatihan dan pembinaan anggota Linmas Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Rabu (21/8/2019) sekira pukul 09.30 Wib di ruang rapat kelurahan setempat. 

Sedikitnya ada 80 orang anggota Linmas mengikuti pelatihan tersebut yang akan berlangsung selama dua hari. 

Dalam acara tersebut dibuka oleh Kasatpol PP Inhu H.Bobby Rachmat yang diwakili oleh Kabid Linmas Setyo Sudibyo SS. Hadir dalam kegiatan Camat Seberida Sani SSos, Kapolsek Kompol Barzawi, Babinsa Kelurahan Pangkalan Kasai Serma Dwi Kuswanto, Kasi Trantib Zaizul SHut, Lurah Pangkalan Kasai Setiawan bersama staf dan Anggota Satlinmas se-Kelurahan Pangkalan Kasai.

Kapolsek Seberida Kompol Barzawi menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan dan pembinaan Satlinmas ini bertujuan agar masing masing anggota dapat memahami ketugasannya sebagai Satlinmas. Dalam rangka pengendalian dan kenyamanan lingkungan.

Selain itu juga untuk memberikan pemahaman kepada anggota Satlinmas Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tentang dan fungsi Linmas.

Dalam kesempatan itu Kapolsek juga menyampaikan imbauan yang berkaitan dengan karhutla dan kemarau panjang yang dialami pada saat ini.

Sementara itu Babinsa Kelurahan Pangkalan Kasai Serma Dwi Kuswanto menyampaikan bahwa Linmas merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yakni fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil (Hansip).

Sementara Camat Seberida berharap, dengan kegiatan pelatihan Linmas ini seyogianya nantinya dapat di implementasikan sesuai dengan fungsi dan tugas anggota Linmas sebagai perlindungan masyarakat.

Selanjutnya Camat menegaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mengoptimalisasi keberadaan Satlinmas di tengah-tengah masyarakat sehingga kedepannya diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif dalam masyarakat.

"Saya berharap melalui kegiatan pelatihan ini, seluruh komponen satuan linmas dapat saling bertukar pikiran mengenai eksistensi kelembagaan, baik dalam menyikapi bentuk ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan, maupun dalam menjamin keberhasilan capaian program kegiatan kinerja satuan linmas demi terwujudnya Kelurahan  Pangkalan Kasai yang aman, tertib dan kondusif," pungkasnya.**




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar