HUT Riau Ke-62

Ini Nama 12 Tokoh Perjuangan Riau yang Dianugerahi Penghargaan

Ini Nama 12 Tokoh Perjuangan Riau yang Dianugerahi Penghargaan
Sidang paripurna istimewa DPRD Riau HUT Provinsi Riau ke-62.

PEKANBARU  - Sebanyak 12 orang tokoh perjuangan Riau dianugerahi penghargaan pada paripurna hari jadi Riau ke-62, Jumat (9/8/2019). Para Pejuang daerah tersebut diwakili oleh ahli warisnya masing masing.

Ketua DPRD provinsi Riau, Septina Primawati mengatakan nama-nama pejuang daerah tersebut telah ditetapkan untuk diberi penghargaan sesuai surat keputusan gubernur Riau nomor: 913/VIII/2019, tanggal 5 Agustus lalu.

"Tentunya nama-nama tokoh pejuang ini tidak asing lagi bagi masyarakat daerah asal mereka khususnya dan masyarakat Riau pada umumnya. Mereka telah mendharmabaktikan hidup dan kehidupannya secara ikhlas, berjuang tanpa pamrih untuk daerah dan bangsa, baik melalui perjuangan fisik maupun non-fisik dan politik pemerintahan," kata Septina.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar dalam pidatonya mengatakan bahwa tidak dapat dipungkiri hampir seluruh wilayah Riau pernah terjadi perlawanan fisik maupun non fisik terhadap kolonialisme asing dan juga politik pemerintahan.

"Perjuangan rakyat Riau tidak terlepas dari perjuangan nasional. Banyak perjuangan ataupun perlawanan yang telah dilakukan oleh rakyat Riau di dalam menghadapi penjajahan asing, begitupun dengan tokoh yang berjuang di politik pemerintahan," kata Syamsuar

Untuk itu, melihat latar belakang sejarah perjuangan para tokoh ini, tentunya tidak mungkin diragukan lagi pengabdiannya. Mereka ini telah menunjukan contoh dan tauladan berjuang tanpa pamrih dan balas jasa.

Adapun 12 tokoh Riau yang diberi penghargaan pada HUT Riau ke 62 adalah:

1. Kapten Mansyurdin
2. Tengku Buang Asmara Gelar Sultan Abdul Jalil Muzarfaesyah 
3. Mahmud Marzuki
4. Ismail Suko
5. Syech Abdul Wahab Rokan
6. HM Wasmad Rads
7. Lamtarodi bergelar datuk sinaro nan putih
8. H Endoet Gani
9. Wan Idris Bin Abdul Kasim
10. Raja Abdul Rachman
11. Kolonel Himron Saheman
12. H Tengku Said Jaafar.

 

 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index