Satu Hari Jelang Lebaran, Harga Ayam Potong di Pasar Soegih Belilas Capai Rp40 Ribu

Suasana tampak lengang di Pasar Soegih Belilas Kecamatan Seberida Inhu jelang satu hari Lebaran

INHU - Sudah menjadi hal yang lumrah, apabila memasuki hari raya Idul Fitri, barang kebutuhan pokok harganya selalu meningkat. Demikian juga dengan kebutuhan lainnya seperti daging ayam dan daging sapi. 

Pantauan di Pasar Soegih Belilas, harga ayam mencapai Rp. 40 ribu per kilonya, padahal awal bulan puasa hanya Rp.30 ribu. Demikian juga dengan harga daging sapi, sebelumnya Rp.120 ribu, sehari sebelum hari raya harganya mencapai Rp.130 ribu per kilonya. 

Kenaikan harga juga terjadi pada ayam kampung, untuk ayam kampung harganya berkisar antara Rp. 65 ribu hingga Rp. 70 ribu per kilonya. 

Demikian juga dengan harga ikan, beberapa jenis ikan ada yang mengalami kenaikan harga,seperti ikan laut dan ikan nila."Ikan nila jelang satu hari mau lebaran ini, harganya sudah mencapai Rp40 ribu, "ujar Butet salah seorang pedagang ikan. 

Kondisi ini juga sangat berpengaruh pada para pembeli, menurut Butet, tahun ini pendapatan dari hasil menjual ikan memang sangat terasa sekali. "Minimnya pembeli otomatis pendapatan juga merosot, " tambahnya. 

Sementara Joko salah seorang pedagang ayam potong menyebutkan, kenaikan harga ayam memang sudah lumrah apabila setiap menghadapi Lebaran. Sebab lain pemicu naiknya harga ayam di pasaran dikarnakan harga di PT juga cukup tinggi, " Jadi mau tak mau kalau kita tak mau rugi harus menyesuaikan dengan harga dari perusahaan, " singkatnya. (ris) 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar