Kapolsek Rengat Barat Imbau Pemudik Waspada Tinggalkan Rumah

Kompol B Suryadi

INHU - Hari raya Idul Fitri sudah diambang pintu, masyarakat muslim pun sebagian besar telah q  menyiapkan diri untuk merayakan hari raya Idul Fitri yang bermakna kembali suci.

Dan bagi masyarakat muslim Indonesia, merayakan idul Fitri bersama keluarga merupakan hal utama, dan jarak tak pernah jadi masalah, masyarakat pun rela menempuh jarak ratusan kilo untuk mudik dan merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga.

Dalam menyambut hari raya Idul Fitri ini, pihak kepolisian pun telah menggelar operasi keselamatan yang diberi nama operasi Ketupat Muara Takus 2019 untuk mengamankan jalannya arus mudik dan melakukan pengamanan di lingkungan masyarakat yang merayakan Idul Fitri.

Untuk itu, Kapolsek Rengat Barat Kompol B Suryadi pun mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menuju kampung halaman agar senantiasa tetap waspada. 

Ia mengingatkan bila hendak melakukan perjalanan, diharap memperhatikan kondisi rumah yang akan ditinggalkan.

"Sebelum  berangkat mudik berlebaran sangatlah perlu diperhatikan khususnya  yang akan menempuh jarak jauh, hendaklah memperhatikan rumah yang ditinggalka'nnya,  tujuannya untuk menghindari terjadi hal-hal yang tak diinginkan,"ungkapnya.

 Di antaranya yang harus diperhatikan adalah mencegah adanya kebakaran dan Pencurian Rumah Kosong.

"Guna menghindari terjadinya hal - hal tersebut sebelum bepergian, pastikan kompor mati, listrik dalam keadaan mati atau off sebelum anda tinggalkan mudik. Kunci rumah dengan baik dan bila perlu pakai kunci ganda atau kunci tambahan,"himbaunya.

Selain itu saat perjalanan, membawa barang-barang juga harus diperhatikan. Barang bawaan jangan sampai dititipkan kepada orang yang tidak dikenal.

"Yang menggunakan kendaraan jangan lupa periksa kesiapan kendaraan anda dan lengkapi surat-suratnya," pesannya.(ris) 

 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar