Program PKT di Desa Usul Libatkan Masyarakat Kecil

Program PKT di Desa Usul Libatkan Masyarakat Kecil

INHU - Program Nasional Padat Karya Tunai Dana Desa (DD) Tahun 2019 dilaksanakan di Desa Usul, Kecamatan Batang Gansal , Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rabu (22/5/2019). Adapun sasaran program yakni, pembangunan sentra produksi masyarakat dan semenisai jalan lingkungan.

Kegiatan, selain dihadiri, Kepala Desa Usul , Syahrul, juga hadir Camat Batang Gansal Elinaryon, Babinsa Desa Usul,  Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Fasilitator Keacamatan, Deswandi. Kemudian, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Inhu dan lainnya. 

Disampaikan, Kades Usul Syahrul, dalam membangun desa  itu, khususnya padat karya, sesuai intruksi pemerintah pusat, harus mengikutsertakan masyarakat kurang mampu untuk mengerjakan dari DD tersebut.

"Di desa kita, selain melibatkan masyarakat kita sendiri, juga ada TNI-Polri, yakni babinsa, bhabinkamtibmas dengan memfungsikan  tiga pilar  saling bekerjasama dan bersinergi," katanya.

Lanjutnya, dalam kegiatan ini anggarannya telah disetujui berdasarkan musyawarah, di samping itu, di lapangan nanti, perlu bekerja sesuai  dengan ketentuan yang ada.

"Termasuk ibu - ibu yang hadir, memang boleh untuk mencari  kehidupan, ini kesempatan membangun sambil bekerja mencari nafkah," katanya.

Masih di tempat yang sama, Camat Batang Gansal Elinaryon  mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan selain membangun desa, juga supaya DD itu bisa menyerap tenaga kerja dari masyarakat itu sendiri.

"Hal itu diamanatkan dari Presiden Joko Widodo, anggaran  digunakan bidang pembangunan, boleh  untuk upah kerja, tapi jangan sampai tak sesuai pembangunan yang ada," sebutnya.

Kini  pekerjaan semenisasai ini harus sesuai dengan programnya, " Bekerjalah maksimal, harus tercapai target ukuran maksimalnya, apabila waktunya bekerja, silahkan bekerja, waktunya istihat silahkan istirahat," katanya.

Ketika datang nanti penilaian dari tingkat Kabupaten Inhu, hal ini harus bisa dinilai dengan efektif, sehingga program padat karya ini kedepannya bisa dilanjutkan, oleh masyarakat setempat.(ris) 

 

#Desa

Index

Berita Lainnya

Index