Rapat Forum Kepala Desa, Ini Kata Camat Batang Gansal

Elinaryon Camat Batang Gansal

INHU - Camat Kecamatan Batang Gansal Elinaryon, meminta kepada seluruh Kades dan aparatur Desa naungannya, maksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. " Kantor sudah harus buka selambat - lambatnya pada pukul 08.00 Wib, masyarakat harus diberikan pelayanan yang prima," ujar Camat pada saat rapat Forum Kades Kecamatan Batang Gansal, Selasa (7/5/2019) di aula kantor camat setempat.

Menurutnya, pelayanan terhadap masyarakat itu harus diutamakan, terutama bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi dan surat menyurat," Ingat kantor desa jangan sampai masih tutup, sementara masyarakat sudah datang mau mengurus keperluan, dan jangan sekali-kali melayani keperluan masyarakat dirumah," tegasnya.

Selain itu camat  mengingatkan juga kepada para kepala desa (Kades) untuk lebih efisien dan efektif serta hati-hati dalam merealisasikan Alokasi Dana Desa (ADD) 2019 nanti.

Sebab, kata dia, dengan jumlah ADD yang cukup besar, perlu pengadministrasian yang baik. Untuk itu, pihaknya siap memberikan pendampingan, bimbingan, maupun memfasilitasi dan mengarahkan pemerintah desa agar dana ADD dapat dipergunakan dengan benar. “Agar rumusan pembangunan desa dapat benar-benar sesuai. Sebab, dana ADD memiliki aturan, dan penggunaannya juga harus sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkapnya.

Dikatakannya, saat ini desa sendiri sudah merupakan otonomi, yang artinya dengan menggunakan dana ADD, pemerintah desa berhak merumuskan dan menggunakan dana ADD sesuai dengan kebutuhan.

Disamping itu, pihaknya juga meminta agar kades dapat mengelola ADD sesuai dengan prosedur, dan jangan sampai menyelewengkan dana tersebut. “Dengan harapan dana itu dapat digunakan secara efektif dan efisien agar membuat desa menjadi mandiri. Karena salah penggunaan, bisa mengarah ke pidana,” bebernya.

Tidak itu saja, pihaknya juga meminta dalam setiap pengelolaan ADD, pemerintah desa harus lebih transparan kepada masyarakat. “Begitu selesai menggunakan dana ADD, harus diekspos ke masyarakat agar dana itu jelas kemana arahnya. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman di tengah masyarakat,” tandasnya.(ris)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar