Jelang 1 Hari Puasa Pasar Pekan Heran Inhu, Ramai Dikunjungi Pembeli

INHU - Menjelang satu hari lagi memasuki bulan Puasa, Pasar Minggu Pekan Heran, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Ahad (6/5/2019), ramai dikunjungi para pembeli.

Pantauan dilokasi pasar, mulai sejak pagi pasar Minggu Pekan Heran sudah ramai dipadati para pembeli, yang ingin membeli kebutuhan sehari-hari, terutama menjelang masuknya bulan puasa.

Kita tau khususnya masyarakat muslim Inhu apabila menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, selalu melaksanakan doa bersama dan makan bersama. Baik itu di Masjid, Musala atau tempat-tempat umum lainnya.

Hal ini dilaksanakan, selain untuk meningkatkan silaturahmi, juga memohon kepada Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Esa, agar dalam menjalankan ibadah puasa nanti, dapat selalu diberikan kesehatan dan dapat melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya tanpa ada halangan.

Hal lain yang sering dilakukan masyarakat muslim Inhu, apibila akan memasuki bulan puasa, melaksanakan Ziarah ke makam, mandi balimau untuk sebagian masyarakat dan bergotong-royong membersihkan lingkungan di tempat tinggalnya masing-masing, baik itu membersihkan tempat ibadah, jalan dan sarana lainnya.

Sementara menilik dari harga kebutuhan pokok jelang puasa tahun ini, khusus di pasar pekan heran beberapa jenis kebutuhan pokok harganya sudah mulai merangkak naik, seperti jenis sayuran, ikan, dan beberapa jenis barang lainnya, termasuk pakaian.

"Kenaikan harga-harga barang kebutuhan pokok tersebut dinilai sudah lumrah, apabila memasuki bulan puasa, karena kebutuhan masyarakat akan lebih meningkat apabila dibandingkan dengan hari-hari biasanya," ujar Ibu Siti salah seorang pembeli pada saat ditemui.

Namun demikian masyarakat juga berharap kepada pemerintah Kabupaten Inhu, untuk dapat memantau harga-harga kebutuhan pokok di pasar-pasar Inhu, agar para pedagang tidak semena-mena untuk menaikan harga dagangannya.

"Kita sebagai masyarakat, juga sangat berharap agar Pemkab Inhu, dapat memantau harga-harga kebutuhan pokok selama bulan puasa ini, agar para pedagang tidak seenaknya begitu saja untuk menaikan harga barang dagangannya," harap bu Siti.(ris)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar