Mantap! YBM PLN Area Rengat Memberdayakan Usaha Pedagang Kecil di Inhu

Mantap! YBM PLN Area Rengat Memberdayakan Usaha Pedagang Kecil di Inhu

INHU – Yayasan Baitul Mal (YBM)  PLN Area Rengat, terus mengembangkan program pemberdayaan masyarakat melalui dana Zakat,  Infak dan Sedekah (ZIS). Salah satunya dengan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Riau Perwakilan Indragiri Hulu melalui program Pengembangan Usaha Pedagang Kecil (PUPK).

Kata Dede, Perwakilan Dompet Dhuafa Riau perwakilan Inhu, saat dikonfirmasi mengatakan, Selasa, (30/4/2019), telah dilaksanakan launching program dengan memberdayakan 2 pedagang kecil di Indragiri Hulu. Tepatnya di daerah Belilas Kelurahan Pangkalan Kasai  Kecamatan Seberida.

Dikatakannya, untuk penerima manfaatnya Ibu ita penjual lontong harian yang menumpang berjualan setiap paginya didepan ruko.  "Sehari-hari ibu Ita berjualan dengan meminjam meja tetangga. Dalam sebulan hanya menghasilkan sekitar Rp 700 ribu. Hasil jualan ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karna ibu Ita juga menjadi tulang punggung keluarga," papar Dede.

Lebih lanjut Dede menjelaskan, ibu Ita selain menjual lontong juga menjual es cincau, usaha yang dilakoni ibu Ita ini guna membantu perekonomian keluarga.

Dalam hal ini, sambung Dede," YBM PLN Area Rengat bersinergi dalam mengembangkan usaha pedagang kecil ini, dan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Riau dalam proses pendampingannya. Untuk tahapan awal ini memberikan bantuan berupa etalase dagangan, kursi dan bahan perlengkapan usaha," tandasnya lagi.

"Untuk selanjutnya akan dilakukan program pendampingan dalam pengembangan usaha yang akan di monitoring atau evaluasi. Sehingga harapan kedepannya dari mustahik ke muzakki dapat diwujudkan,"harapnya.

Sementaraitu pada saat penyerahan peralatan dagangan, dihadiri pihak YBM PLN, Dompet Dhuafa dan juga Muzzaki Pak Anggres yang bekerja di PLN.

"Harapannya, ini menjadi keberkahan dan melancarkan rezeki ibu Ita," tutur Pak Anggres selaku perwakilan Muzzaki dari PLN.

Adapun dana yang digunakan dari program ini adalah dana zakat yang dihimpun dari karyawan PLN di YBM PLN area Rengat. Dan program ini tentunya untuk mengoptimalkan dana  ZIS sehingga lebih terprogram dan bermanfaat. 

“Semua ini kita lakukan dari umat untuk umat. Sehingga kita merasakan umat ini menjadi lebih berdaya lagi.” singkat pak Anggres.

Sementara itu Safri perwakilan dari YBM PLN area Rengat, menambahkan pihaknya akan terus mengembangkan program ini dengan semaksimal mungkin,"Program ini akan terus kita kembangkan semaksimalmungkin, semoga bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index