Jelang Pemilu, Satpol PP Inhu Latih 70 Satlinmas

Jelang Pemilu, Satpol PP Inhu Latih 70 Satlinmas
Foto bersama usai acara pembukaan pelatihan Satlinmas

INHU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau menggelar pelatihan Satlinmas tahun 2019.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten 1 Setdakab Inhu, Drs Asriyan tersebut berlangsung selama 2 hari, dimulai pada Rabu 20 Maret  hingga Kamis 21 Maret 2019 bertempat di Aula Bappeda Inhu.

Turut hadir sebagai Narasumber yakni dari Satpol PP Provinsi Riau, Polres Inhu, Kodim 0302 Inhu, KPU Inhu, dan Satpol PP Inhu.

Kepala Satpol PP Inhu, H. Boby Rachmat SSTP, M.Si saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pelatihan tersebut diikuti oleh 70 orang peserta perwakilan dari 14 kecamatan se Kabupaten Inhu.

Pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan dalam bertugas dan memperkuat dukungan Satlinmas  untuk penugasan sebagai tenaga pengamanan TPS pada Pemilu Tahun 2019.

Adapun materi pelatihan yang diberikan disamping melaksananakan pelatihan dasar PBB juga diberikan pemahaman tentang tugas-tugas sebagai anggota linmas, antara lain  mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa, menyusun prosedur tetap, petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa.

Selain itu juga mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa, menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu. 

Lebih jauh Boby menjelaskan,  Satuan Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

Mantan Sekretaris Bappeda Inhu ini berharap melalui kegiatan pelatihan ini, apa yang menjadi tujuan dapat tercapai, sehingga proses Pemilu 17 April mendatang berlangsung aman terkendali sesuai harapan bersama.(ber)

#Hukrim

Index

Berita Lainnya

Index