Musrenbang Kecamatan 2019 di Inhu, Strategi Pembangunan People Centred Development

Musrenbang Kecamatan 2019 di Inhu, Strategi Pembangunan People Centred Development

INHU - Musyawarah Rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan 2019 di Kabupaten Indragiri Hulu yang dimulai sejak Kamis 14 Februari 2019  ditempatkan di desa-desa. 

Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE hadiri Musrenbang Kecamaran Peranap di Desa Setako Raya

Menurut Plt Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setdakab Inhu, Supandi S.Sos, MP saat ditemui Riaukarya.com, Sabtu 16 Februari 2019 menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan strategi Bupati Inhu yang ingin menempatkan pemberdayaan sebagai upaya-upaya dan strategi menuju pembangunan yang berpusat pada rakyat (people centred development) desa yang juga berdimensi kerakyatan.

Plt Kabag Pemdes, Supandi S.Sos, MP

Dijelaskannya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan atau stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa, serta menyepakati rencana prioritas 

Pembangunan yang berpusat pada rakyat desa sejatinya memberikan peran yang besar, rakyat desa bukan hanya sebagai subyek melainkan lebih sebagai aktor yang akan menentukan tujuan - tujuan mereka sendiri dan menguasai berbagai sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Sehingga daya saing manusia - manusia di desa menjadi meningkat.

"Pembangunan yang berpusat di desa juga akan mengurangi peran birokrasi. Pemerintah desa hanya akan berperan sebagai fasilitator saja. Sebab, rakyat desa akan membentuk berbagai komunitas yang lebih terjamin keberlanjutannya," imbuh Mantan Lurah Air Molek I ini.

Supandi mencontohkan, pembangunan embung di desa, misalnya. Pemerintah jangan hanya melihat pada embungnya saja sebagai alat produksi. Namun, pemerintah harus mendorong partisipasi para petani di desa baik sebagai individu maupun komunitas petani untuk mengambil keputusannya sendiri bahwa embung merupakan kebutuhan lokal yang akan membantu mereka memenuhi kebutuhan hidup yang mendasar dan keluar dari masalah klise di desa yaitu kemiskinan. (azi)

Berita Lainnya

Index