Pertamakali di Kelayang, Kades Pelangko Rayakan Hari Jadi Desa ke 91 Sejak Tahun 1927

INHU - Pertamakalinya Pemerintah Desa (Pemdes) Pelangko, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), merayakan Hari Jadi Desa ke 91 tahun sejak 17 Desember 1927 yang berlangsung di komplek perkantoran Desa Pelangko, Senin 17 Desember 2018.

Ratusan masyarakat menghadiri peringatan hari jadi desa tersebut, baik itu perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemuda, dan elemen masyarakat lainnya, serta tak ketinggalan 6 kades terdahulu atau ahli warisnya juga hadir dikesempatan itu.

Peringatan hari jadi Desa Pelangko ini juga dihadiri Bupati Inhu diwakili Kasatpol PP Kabupaten Inhu, H Boby Rahmat, S.STP, M.Si, Camat Kelayang, Kamaruzaman, S.Sos, M.Si, Kapolsek Kelayang AKP Rinaldi Parlindungan, SH, Danramin 04/Pasir Penyu diwakili Anggota Danpos Kelayang. Selain itu juga tanpak hadir, Ketua Pusdatin Puanri Kabupaten Inhu Hj Andina Gustiani, SE, MM dan Sekretaris KONI Inhu Elda Suhanura SH, MH serta undangan lainnya.

"Hari jadi Desa Pelangko ke 91 tahun sejak desa ini berdiri dari 17 Desember 1927, baru pertamakali diperingati dan dirayakan," kata Kades Pelangko, Syafri, KH. 

"Perayaan ini dalam rangka untuk mewujudkan Pemdes yang mampu memajukan semua masyarakat, baik itu segi ekonomi, kesehatan maupun pendidikan," imbuhnya.

Kades Syafri KH juga mengungkapkan, untuk pertamakali diperingatinya hari jadi Desa Pelangko ini, merupakan momentum untuk evaluasi dan memantapkan komitmen bersama untuk bersinergi membangun desa. Kedepannya, memasuki bulan Desember setiap tahunnya juga harus dirayakan.

"Hari jadi Desa Pelangko setiap tahun harus diperingati, supaya semua masyarakat tau kita semua adalah pemilik desa ini. Sehingga diharapkan seluruh komponen masyarakat dapat berkontribusi untuk sama-sama membangun dan memajukan desa yang kita cintai", katanya.

Ditambahkannya, suksesnya kegiatan ini tak lepas dari kerjasama elemen masyarakat bersama perangkat desa, unsur tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pemuda.

"Untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen yang membantu suksesnya acara ini," ucapnya.

Peringatan hari jadi Desa Pelangko ke 91 ini, dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni oleh siswa/siswi TK Melati Muda dan SDN 012 Pelangko seperti, tari persembahan, tari kreasi Islam, tari kreasi Melayu dan lainnya. Pemdes juga menggelar berbagai kegiatan seni dan hiburan rakyat sejak pagi hingga malam seperti, Kuda Kepang dan Salung Dangdut dan hiburan rakyat lainnya, dan ditutup dengan Tabligh Akbar.

Pada peringatan tersebut, Pemdes Pelangko memberikan Piagam Penghargaan kepada 6 Kades terdahulu/kepada ahli warisnya atas perjuangan dalam mendirikan Desa Pelangko dan dalam melanjutkan estafet kepemimpinan desa. Sekaligus pemotongan kue Tumpeng yang diberikan Kades Syafri KH kepada salah satu mantan kades bernama Ibu Zulaika.

Kegiatan juga dirangkai dengan pengguntingan pita tanda diresmikannya kantor PKBM yang dibangun melalui Dana Desa (DD) tahun 2018, oleh Kasatpol PP Kabupaten Inhu. ***

 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar